Jakarta, ItWorks- OYO sebagai travel-tech company terus menghadirkan layanan yang inovatif yang tidak hanya fokus pada pelanggan, namun juga kepada mitra properti (Patron OYO). Kali ini, OYO meluncurkan fitur terbarunya OYO 360 yang merupakan sistem onboard mandiri untuk para calon Patron.
Inovasi yang didesain dengan kemampuan artificial intelligence (AI) ini memungkinkan pemilik properti untuk melakukan onboard mandiri yang serba digital dan hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menyelesaikan proses onboard, jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan proses onboard konvensional yang memerlukan waktu hingga 15 hari. Fitur terbaru OYO ini juga merupakan respon terhadap pandemi yang menuntut akselerasi pemanfaatan teknologi di penginapan skala kecil dan menengah.
“Dengan inovasi proses onboard melalui fitur OYO 360, kami berharap akan lebih banyak lagi pemilik properti dan penginapan skala kecil dan menengah yang mampu mengembangkan bisnisnya dan menerapkan layanan pengelolaan akomodasi berbasis digital secara lebih efisien bersama OYO,” ujar Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia dalam rilis pers (16/06/2022, di Jakarta.
Dikatakan, sebelum menghadirkan OYO 360, OYO telah membuktikan kemampuan beradaptasi luar biasa dalam merespon kebutuhan mitra dan pelanggannya selama pandemi, yang dimungkinkan karena kapabilitas teknologi perusahaan yang mumpuni. Hanya dalam beberapa bulan setelah pandemi melanda di Indonesia, perusahaan meluncurkan inisiatif Sanitized Stay, komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out.
Tak lama kemudian, OYO pun memperkenalkan fitur check-in tanpa sentuhan di Indonesia guna merespon meningkatnya minat masyarakat akan layanan contactless. Tak hanya itu, di tengah keseharian masyarakat yang sudah tidak terpisahkan dengan teknologi, mitra OYO juga akan memiliki layanan yang terstandarisasi dan layanan chatbot otomatis untuk menyelesaikan pertanyaan konsumen dengan cepat, program loyalitas dan sistem pengembalian uang yang mudah jika diperlukan konsumen. Berkat faktor-faktor ini mayoritas konsumen OYO terus kembali menggunakan platform OYO dan lebih dari 80% konsumen baru menemukan tempat penginapan lokal melalui platform.
Melalui fitur OYO 360 para pelaku industri perhotelan, terutama bagi ekosistem bisnis akomodasi dan penginapan kecil-menengah dapat mengadopsi teknologi digital yang andal dan terbaik dikelasnya berbasis modern seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning dan data science guna menyederhanakan serta meningkatkan efisiensi operasionalnya.
Sejak OYO 360 diluncurkan secara global telah mendapatkan tanggapan dan hasil yang positif. Sejak diluncurkan, OYO 360 telah menarik lebih dari 57 ribu pengunjung situs dan 2.500 pemilik properti di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama OYO. Berdasarkan data internal OYO, rata – rata mitra properti dan penginapan OYO secara global berhasil mendapatkan 80% permintaan pesanan secara digital, jika dibandingkan permintaan sebelum bergabung bersama platform OYO yang hanya sekitar 10-20%. “Dengan OYO 360, kami membuka kesempatan bagi pemilik dan pengusaha akomodasi yang ada di Indonesia untuk mendaftarkan diri secara langsung dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk bergabung dalam jaringan OYO,” pungkasnya. (AC)