PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar puncak acara dari program kompetisi tahunan Innovillage, yang sudah memasuki tahun ketiganya. Kompetisi Innovillage 2022 bertema “Young Heroes in Action #DigitalUntukSemua”, diikuti sebanyak 1.442 mahasiswa dari 120 perguruan tinggi yang tersebar di 25 provinsi seluruh Indonesia dengan 363 proposal social project.
Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi dalam keterangannya, 07/01/2023 mengatakan,”Program Innovillage diselenggarakan tidak hanya bertujuan untuk mengasah kemampuan teknis dan analisis generasi muda, namun juga merupakan salah satu bentuk nyata Telkom dalam upaya membangun negeri melalui pengembangan desa. Kami yakin banyak inovasi yang bisa dihasilkan dari para talenta digital muda untuk memberikan solusi dan manfaat positif bagi masyarakat.”
Acara yang diinisiasi oleh Community Development Center Telkom bersama Telkom University ini memiliki proses implementasi social project pada tahap 150 besar yang dilaksanakan selama 7 minggu oleh para peserta mahasiswa dengan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk mengaplikasikan inovasi yang dirancang.
Selama proses implementasi berjalan, setiap minggunya para peserta mendapatkan virtual mentoring dari ahli untuk meningkatkan kualitas inovasi social project yang akan dihasilkan.
Pada tahap selanjutnya, berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring implementasi social project di lapangan, terpilih Top 25 semifinalis untuk melaju ke tahap selanjutnya di babak final.
Para semifinalis Top 25 turut mendapatkan pelatihan dan pembinaan pada sesi bootcamp sebagai persiapan menghadapi babak final online pitching yang melibatkan juri dari sektor pendidikan dan para praktisi profesional.
Beberapa pendekatan yang dilakukan dalam online pitching terdiri dari solusi yang diajukan menjawab keresahan atau pain point masyarakat, project yang sudah diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, tingkat kebermanfaatan baik kualitatif maupun kuantitatif, kebaruan inovasi yang diajukan, serta adanya kolaborasi dengan komunitas maupun pemerintah lokal.