Jakarta, ItWorks- Dentsu Indonesia bersama Bank OCBC NISP menjadi satu-satunya
pemenang dari Tanah Air di Ajang Spikes Asia 2023. Penghargaan diraih
salah satu melalui karya dentsu Indonesia dalam kampanye “CurrenShe”
oleh Bank OCBC NISP sebagai bagian dari program #TAYTB Women
Warriors.
Spikes Asia 2023 merupakan ajang penghargaan internasional di Asia untuk
para pelaku industri kreatif dan pemasaran. Ajang ini juga menjadi salah satu penghargaan
tertua yang terkoneksi dengan Cannes Lions untuk mengapresiasi para praktisi ternama di
bidangnya dalam bidang pemasaran. Di antaranya seperti media cetak, video, audio, desain, kampanye
digital dan sejumlah medium lainnya.
Di ajang tersebut, dentsu Indonesia, perusahaan marketing services
network terintegrasi, dengan bangga memperoleh penghargaan
bergengsi Spikes Asia 2023. Di antaranya yakni 2 penghargaan Bronze untuk
kategori Brand Experience & Activation, serta Mobile Technology – AR.
Keberhasilan ini kian menambah rekam jejak dan portfolio dentsu Indonesia serta
dentsu Creative Indonesia dalam menghasilkan karya terbaiknya untuk klien dan
masyarakat dalam industri kreatif, terutama dalam lingkup pemasaran. Sebagai
satu-satunya peraih penghargaan dari Indonesia, prestasi ini tentu juga bisa
mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.
“Bagi kami, tentu penghargaan ini sangat membanggakan, apalagi Dentsu
Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan pemasaran yang lolos dan
memenangkan ajang Spikes Asia 2023 ini. Penghargaan ini juga menjadi
kebanggaan bagi seluruh talenta terbaik di perusahaan, dimana karya yang
dihasilkan diakui di mata internasional,”,” ungkap Chief Creative Officer dentsu
Indonesia, Andreas, dalam rilis pers, di Jakarta, belum lama ini.
Lebih detail disebutkan, dentsu Indonesia tercatat lolos sebagai nominasi dengan total 6
kategori dengan 3 kampanye. Tiga (3) di antaranya menjadi satu-satunya finalis dari Indonesia
dalam kategori Direct (Culture & Context), Social & Influencer dan Mobile Technology – AR.
Selain itu, 3 kategori lain yang berhasil diperoleh masuk ke dalam Outdoor (Ambient &
Experiential) serta Brand Experience & Activation.
Salah satu karya yang berhasil memenangkan penghargaan adalah kampanye “CurrenShe”
oleh Bank OCBC NISP sebagai bagian dari program #TAYTB Women Warriors. Kampanye ini
berangkat dari data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, bahwa kontribusi
UMKM terhadap Pendapatan Nasional Negara mencapai 61,1% pada tahun 2021. Bahkan,
sebagian besar UMKM (64,5% atau 37 juta) di Indonesia dikelola oleh perempuan sehingga
peran womenpreneur dalam mendukung perekonomian Indonesia sangat signifikan.
Lebih lanjut, survei dari Bank Indonesia membuktikan bahwa proporsi perempuan pada posisi
strategis perusahaan terus bertumbuh, serta terdapat proyeksi tambahan PDB dunia sebesar
USD 28 triliun apabila terdapat kesetaraan gender.
Dengan demikian, melalui inisiatif CurrenShe ini diharapkan dapat mengingatkan kembali
bahwa Indonesia juga dibangun oleh para perempuan tangguh dan hebat. Selain itu,
CurrenShe juga memiliki tujuan menularkan semangat guna mendukung perempuan agar dapat
semakin berkontribusi terhadap perekonomian negara secara maksimal.
CurrenShe mendorong pentingnya representasi perempuan pada dunia bisnis dan ekonomi
dengan menjadikan uang yang merupakan simbol ekonomi sebagai media. Kampanye ini
memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) – di mana masyarakat dapat mengenal lebih
dekat beberapa tokoh pahlawan perempuan Indonesia yang berperan besar dalam perjuangan
kemerdekaan dan kesetaraan sejak zaman kolonial.
Untuk menggaungkan kampanye CurrenShe, Bank OCBC NISP juga mengundang masyarakat
Jakarta dan sekitarnya untuk menghadiri Art Installation bertajuk ‘Perempuan Kuat Ekonomi
Bangsa Hebat’ yang diselenggarakan di Mall Sarinah Thamrin pada 3-24 November 2022 lalu.
Selain Spikes Asia, pada bulan April 2023 kampanye CurrenShe juga menjadi finalis dalam
ajang One Show 2023 bersama sejumlah karya terbaik Dentsu Creative dari berbagai negara.
Sementara itu, Amir Widjaya, EVP, Head of Marketing & Lifestyle Business Bank OCBC NISP menambahkan,
pihaknya percaya bahwa pendekatan komunikasi yang inovatif akan memberikan inspirasi bagi
masyarakat luas. “Sebuah kehormatan bagi kami dapat berkolaborasi dengan Denstu Indonesia
dan bersama-sama turut memenangkan penghargaan prestisius di ajang internasional,”
paparnya.
Sebelum memenangkan sejumlah penghargaan di Spikes Asia 2023, dentsu Indonesia juga
mencatat sejumlah kemenangan internasional pada tahun 2022 di ajang Campaign Asia, WARC
Awards for Asian Strategy, MMA Smarties APAC, Marketing Excellence Awards, YouTube
Works, serta memborong 3 penghargaan ‘Agency of The Year’ ajang industri kreatif ternama
lokal Citra Pariwara. (AC)