Home Indeks Business Solution Masuki Bisnis AI, LINE Operasikan BRAIN

Masuki Bisnis AI, LINE Operasikan BRAIN

LINE Corporation (LINE) garap teknologi Artificial Intelligence (AI) umumkan peluncuran Line Brain.

Jakarta, ItWorks- LINE Corporation (LINE) mengumumkan peluncuran bisnis Line Brain dengan menawarkan teknologi Artificial Intelligence (AI) kepada perusahaan eksternal. LINE di antaranya akan menawarkan teknologi Line Brain chatbot (teknologi chatbot AI), Line Brain OCR (teknologi pengenalan karakter optik), dan Line Brain Speech to Text (teknologi pengenalan suara) yang akan mulai dijual secara bertahap mulai dari Juli ini.

Dalam mengembangkan teknologi AI, LINE telah menggabungkan berbagai teknologi AI yang berbasis deep learning – termasuk asisten AI “Clova” – ke dalam aplikasi pertukaran pesan LINE dan beragam layanan lainnya. Untuk mengembangkan teknologi AI ini, LINE telah memilih sejumlah mitra.

Dalam siaran persnya yang diterima redaksi (1/7) disebutkan, untuk mengembangkan layanan ini LINE di antaranya telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan SKY Perfect JSAT Corporation, dan ITOCHU Corporation. Dengan menyediakan teknologi AI (Line Brain) ini, LINE selain ingin membantu perusahaan lain untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari layanan mereka, juga ingin membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah dengan menggunakan layanan tersebut.

Sedangkan solusi yang dikembangkan, di antaraya AI Clova yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa cuaca, memutar musik, dan mengirim maupun menerima pesan LINE hanya dengan menggunakan suara mereka. Fungsi-fungsi ini didukung oleh teknologi AI seperti pengenalan suara dan speech synthesis.

Ada pula teknologi chatbot yang diperbaiki oleh LINE Kantan Help, salah satu akun resmi LINE, yang memungkinkan AI untuk merespon secara cepat pertanyaan yang dikirimkan oleh pengguna dalam ruang obrolan LINE. Teknologi ini juga dapat digunakan pada layanan lainnya selain LINE seperti LINE WORKS, Facebook, dan obrolan yang ada pada situs tertentu. LINE Brain Chatbot juga telah menunjukkan tingkat respons yang lebih tepat dibandingkan dengan teknologi chatbot lainnya.

Teknologi lainnya adalah teknologi pengenalan karakter optic (OCR) yang digunakan dalam ruang obrolan LINE dan pada aplikasi ulasan makanan LINE Conomi, otomatis akan mengkonversi karakter yang tertangkap kamera melalui gambar atau diterima menjadi teks. Solusi Line Brain ini mulai ditawarkan Line untuk perusahaan lainnya.

Untuk lebih lanjutnya, Line Brain akan berkembang mencoba mengkombinasikan teknologi pengenalan suara Line Brain, chatbot, dan speech synthesis untuk membuat sistem balasan yang otomatis dilakukan oleh AI untuk telepon menjadi realita. Di harapkan fitur ini akan dapat membuat panggilan telepon secara otomatis dalam berbagai scenario, termasuk pada layanan pelanggan, dan reservasi restoran. (AC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here