Bicara soal smart speaker, perhatian biasanya mengarah Google Home, Amazon Alexa, atau produk dari brand papan atas lainnya. Jangan salah, di Indonesia ternyata ada perusahaan yang juga membesut produk serupa.
Namanya PT Widya Informasi Nusantara, perusahaan ini telah memperkenalkan sebuah smart speaker bernama Widya Wicara Prima (WWP). Ada 3 hal yang membuat speaker ini berbeda dari speaker pintar lain yang beredar di pasaran.
Yang pertama, Widya Wicara Prima adalah karya anak bangsa Indonesia yang patut diapresiasi usahanya. Kedua, karena didesain secara lokal, Widya Wicara Prima menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan dialek dan tata bahasa yang sering dipakai sehari-hari oleh masyarakat.
Selain itu, Widya Wicara prima dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan & perintah suara yang diberikan oleh penggunanya. Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya terdengar natural dan interaktif, selayaknya percakapan sehari-hari. Kahadiran Widya Wicara Prima Smart Speaker ini bisa menjadi sahabat terutama di tengah kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap #DiRumahAja.
Pasar Smart Speaker sendiri saat ini berkembang dengan pesat. Alat ini dianggap sebagai penunjang gaya hidup dan angka peminatnya pun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari lembaga riset Statista, secara global pengguna aktif asisten virtual yang juga terdapat pada produk smart speaker, tahun 2015 sebanyak 544,1 juta dan di tahun 2020 diprediksi mencapai 2,2 milyar.
Kembali ke Widya Wicara Prima Smart Speaker, perangkat ini dibekali dengan sejumlah fitur unggulan mulai dari pemutar audio, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer).
Widya memiliki sumber yang kredibel seperti: Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya. Khususnya, selama masa pandemi ini, di mana sebagian besar orang lebih banyak beraktifitas di rumah dengan beragam perangkat teknologi.
Seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….”. Hal ini berkat teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Widya, yakni entitas kecerdasan yang ditanamkan ke dalam mesin, sehingga Widya dapat merespons langsung atas sebuah perintah yang diberikan. Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.
Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara mengatakan selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat Indonesia dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara.
“Hal ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem kegiatan harian yang bersinergi dengan Widya. Itulah mengapa Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna,” lanjutnya.
Saat ini Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk yang memiliki dimensi ringkas dan memiliki dua pilihan warna,hitama dan putih ini ini dipasarkan dengan harga Rp1.499.000. (Fauzi)