Pungut Pajak Netflix Cs, Kemenkeu Tunjuk 6 Perusahaan Luar Negeri

Penulis adam

Untuk memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Netflix dan perusahaan teknologi lainnya, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo menyebut sejauh ini sudah ada enam pelaku usaha dari luar negeri yang siap menjadi pemungut Pajak mulai Juli mendatang.

Dia berharap angka ini bakal terus bertambah seiring dimulainya pemungutan pada bulan depan.

“Beberapa di antaranya sudah sepakat untuk ditunjuk sebagai pemungut. As of hari ini masih terus berjalan, komunikasi paling tidak sudah ada enam pelaku usaha luar negeri siap jadi pemungut PPN di awal periode,” ujar Suryo dalam diskusi virtual, Kamis (25/6/2020).

Dia melanjutkan, sejauh ini komunikasi yang dilakukan otoritas pajak dengan penyedia produk dan jasa digital luar negeri itu mengenai kesiapan dan infrastruktur.

Sebab nantinya mulai 1 Agustus, penyedia produk dan jasa digital itu wajib memasukan PPN dalam invoice kepada konsumen.

Sejauh ini, kata Suryo, pelaku usaha luar negeri yang diajak komunikasi itu tidak menolak untuk ditunjuk sebagai pemungut PPN. “Yang kami diskusikan kesiapan dan infrastruktur mereka untuk melalukan perubahan. Karena invoice itu kan nanti ada perubahan untuk pemungutan PPN mereka,” jelasnya.

Kendati begitu, Dirinya enggan merinci keenam pelaku usaha luar negeri tersebut. Namun dia memastkan akan memberitahukan ke publik jika sudah dilakukan penunjukkan.

“Nanti kalau sudah ada penunjukkan dan part of transparancy, akan disampaikan ke publik siapa yang sduah ditunjuk. Kalau sekarang belum ditunjuk karena menunggu kesiapannya, beberapa hari ke depan mudah-mudahan bertambah jadi agak lebih luas di wajib pakak untuk PMSE,” tambahnya.

BACA JUGA

Leave a Comment