Instagram Hadirkan Reels, Fitur Video Pendek

Penulis Teguh Suyudi

Instagram menghadirkan Reels fitur baru video pendek yang mirip dengan format video di platform TikTok.

Instagram (juga disebut IG atau Insta) adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

TikTok, adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

“Reels mengundang Anda untuk membuat video yang menyenangkan kepada teman-teman atau siapa pun di Instagram,” kata Instagram di blog resminya, 6/8.

Menggunakan Reels, pengguna bisa membuat video berdurasi 15 detik, lengkap dengan efek maupun audio.

Fitur ini dapat diakses langsung dari kamera di Instagram. Sedangkan audio dapat dicari melalui bank musik Instagram. Pengguna juga menggunakan audio buatan sendiri saat merekam Reels.

Reels juga bisa merekam beberapa klip dalam satu kali, atau mengunggah dari galeri.

Video yang ditayangkan lewat Reels dapat dibagikan ke Feeds atau ke tempat yang sudah disediakan di Instagram Explore.

Sebagai informasi, sebelumnya Reels telah diperkenalkan lebih dulu di Brasil dengan julukan “Cenas”, Instagram kini meluncurkannya secara global.

Saat ini, Instagram Reels belum tersedia di Indonesia dan baru tersedia di sekitar 50 negara, antara lain Amerika Serikat, Inggris Raya, Jepang dan Australia.

Baca: Kiat Promosi Produk Secara Online di Instagram

BACA JUGA

Leave a Comment