Jika Anda termasuk pelaku usaha perempuan atau difabel maka bisa bergabung dalam kolaborasi Tokopedia, Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil-Mikro (ASPPUK) yangg berbentuk Program Pemberdayaan UMKM – Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif.
Program ini yang menargetkan lebih dari 2.000 orang pelaku UMKM perempuan dan 75 orang difabel di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada akhir tahun ini.
Lalu, bagaimana cara untuk bergabung?Assessment atau evaluasi dilakukan sebagai tahap awal untuk menyeleksi para pegiat UMKM perempuan dan difabel yang akan berpartisipasi dalam program.
Evaluasi ini mencakup kesiapan mereka mengikuti program hingga akhir, lalu kesiapan jaringan internet di kawasan mereka tinggal, produk hasil usaha yang diutamakan tidak mudah rusak atau basi.
Dalam siaran pers, 8/9/ Direktur Public Affairs, Communications & Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo mengungkapkan, mereka yang dinyatakan bisa tergabung dalam program diberi pelatihan antara lain menyoal akses pasar, permodalan dan pendampingan.
“Kami melihat ada opportunity terkait e-commerce. UMKM yang selama ini mungkin bisa nyambung dengan e-commerce bisa disambungkan sehingga mudah-mudahan akses pasar mereka menjadi lebih luas,” ungkap dia.
Dari sisi pendampingan, pelatihan yang diberikan berupa bagaimana menampilkan foto produk yang baik, cara mengurus toko (online), kemasan, cara membuat kalimat yang bagus, akses bahan baku yang bagus.
“Ini yang teman-teman perempuan belum terbiasa. Kadang-kadang menyerah duluan, merasa gagap teknologi dan lainnya. Tetapi kalau sudah dicoba, mudah-mudahan bisa. ASSPUK ingin mengajak ibu-ibu yang belum bergabung dengan strategi online ini pelan-pelan bisa bertransformasi ke strategi memanfaatkan digital ini,” papar Deputy Director Asosiasi Perempuan Pengusaha Usaha Kecil (ASPPUK), Mohammad Firdaus.
Pada akhir tahun ini, hasil capaian program akan dievaluasi untuk bisa dikembangkan lebih lanjut, termasuk perluasan cakupan wilayah.
VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak berharap program yang dia gagas bersama CCFI dan ASSPUK memberikan dampak positif dalam pemulihan ekonomi khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini, juga menghasilkan UMKM yang bisa lebih mandiri.
Baca: Tokopedia Ajak Kalangan UMKM Perempuan dan Difabel Ikut e-commerce