Ternyata, Pelaku Usaha Sosial Kreatif di Tanah Air Masih Sulit Gaet Investor

Penulis Teguh Suyudi

Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hanifah Makarim, mengungkapkan bahwa selama ini sudah banyak investor yang berminat berinvestasi di sektor sosial kreatif Indonesia, namun terbentur keterbatasan akses dari pelaku usaha ke investor maupun sebaliknya.

“Mereka tidak tahu bagaimana dan di mana menemukan investor tersebut. Kita harus lebih meningkatkan informasi kepada usaha sosial kreatif atau membuat platform untuk bisa mencocokkan mereka sehingga pelaku usaha tahu bagaimana mendapatkan pendanaan dan investor juga bisa memiliki satu wadah untuk menemukan calon partner mereka,” ujar Hanifah dalam peluncuran laporan “Lanskap Usaha Sosial-Kreatif di Indonesia” via daring, Rabu, 9/9.

Hal ini untuk menjawab temuan penelitian dari British Council, AVPN (Asian Venture Philanthropy Network) dan Badan PBB untuk Bidang Ekonomi dan Sosial di Asia Pasifik (UN – ESCAP) terhadap 1388 usaha di Indonesia pada tahun 2019.

Salah satu temuan penelitian itu mengungkap pelaku usaha sosial kreatif (creative and social enterprises atau CSE) Indonesia membutuhkan asupan informasi yang memadai hingga platform digital guna memudahkan mereka bertemu dan menarik investor untuk menanamkan modalnya di sektor ini.

Sementara itu, pihak British Council, AVPN, dan UN ESCAP menyarankan, perlu adanya kesamaan antara investor dan CSE untuk mengelola ekspektasi penyandang dana agar saluran pendanaan terbuka.

Di sisi lain, perlu ada upaya juga untuk memetakan secara lebih akurat sumber-sumber daya yang relevan untuk memenuhi kebutuhan bersama.

Selain itu, dibutuhkan kerangka kebijakan yang memberikan insentif bagi usaha-usaha yang memiliki nilai sosial, misalnya melalui pengurangan pajak atau subsidi jaminan sosial, dan dukungan untuk mendorong program yang menyalurkan investasi ke CSE yang berpotensi menghasilkan imbal balik keuangan, sosial dan lingkungan.

Baca: Investor Sangat Antusias Dengan Asia Tenggara, Ini Saran Mereka untuk Startup

BACA JUGA

Leave a Comment