Kementerian Perdagangan RI menjalin kerja sama dengan Facebook untuk mengadakan serangkaian kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja pada Oktober hingga Januari 2021. Tujuannya untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bertahan di tengah pandemi.
“Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp,” demikian Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam siaran pers, Sabtu, 3/10.
“Rangkaian kegiatan dalam kerja sama ini tidak hanya bermanfaat untuk melengkapi para UMKM dengan ilmu-ilmu dan tips-tips praktis, tapi sekaligus dapat memberikan ide-ide segar,” harap Mendag Agus.
“Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui aplikasi digital dari Facebook,” tambahnya.
Sebagai langkah awal, Kemendag dan Facebook akan menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram untuk membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.
Baca: Kemendag Luncurkan Trade Expo Indonesia ke-35 Berkonsep Virtual
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menyampaikan, “Pandemi COVID-19 menuntut UMKM beradaptasi dan bertransformasi ke arah digital. Untuk itu, seluruh rangkaian kegiatan dalam kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi dan membantu lebih banyak UMKM untuk menerapkan pendekatan digitalisasi dalam upaya tumbuh kembang usaha mereka.”
Sementara, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari menyampaikan, di tengah situasi pandemi, Facebook memahami bahwa beralih ke platform daring merupakan sebuah keniscayaan bagi para pelaku UMKM.
“Di sisi lain, kami juga menyadari bahwa adopsi digital bukan hal yang mudah untuk diterapkan karena masih banyak kelompok masyarakat yang belum dapat memaksimalkan penggunaan layanan digital,” kata Ruben.
“Untuk itu, kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Kemendag dalam meluncurkan serangkaian kegiatan yang bisa mendorong transformasi digital UMKM Indonesia,” dia melanjutkan.