Inisiatif “Hyperlocal” Tokopedia makin menunjukkan dukungannya mempercepat digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM).
Ivander Wijaya, Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia dalam keterangannya, 6/8/2021, mengatakan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia menjadi misi besar Tokopedia.
Inisiatif Hyperlocal yang diluncurkan pertengahan 2020 ini telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama Q2 2021 dibanding Q2 2020. Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) adalah salah satu wujud inisiatif Hyperlocal.
Di Jabodetabek, kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan dan Otomotif menjadi paling laris.
Itu berkat adanya Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal selama tanggal 25 hingga akhir setiap bulan. “Sejak mengikuti WIB, penjualan harian kami meningkat hingga dua kali lipat. Bahkan selama PPKM berlangsung, omzet bisa mencapai puluhan juta,” jelas Pemilik Sniff Sniff Jakarta, Daniel Christian.
Sedangkan di Palembang, kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Fashion, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman serta Kecantikan merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat selama Q2 2021 dibandingkan Q2 2020.
“Sejak mengikuti program KTP Palembang di Tokopedia, penjualan meningkat pesat hingga tiga kali lipat dengan kenaikan omzet mencapai 30 persen,” ujar Pemilik Warung Bu Neneng, Rita Damayanti.
Digitalisasi Pasar
Tokopedia bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif Digitalisasi Pasar. “Langkah ini untuk membantu para pedagang di pasar tradisional berbagai daerah, mulai dari Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Kabupaten Bandung hingga Tasikmalaya, memanfaatkan teknologi agar mereka bisa tetap beradaptasi terutama di tengah pandemi,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan.
Bukan hanya itu, berbagai turunan inisiatif Hyperlocal tidak hanya mempermudah UMKM lokal, tetapi juga masyarakat secara umum. TokoMart, misalnya, yang mengusung teknologi geo-tagging, memungkinkan masyarakat mengakses produk kebutuhan sehari-hari – mulai dari produk sembako hingga kebutuhan rumah tangga lainnya – dari penjual terdekat sehingga berbelanja bisa lebih efisien.
Saat ini, TokoMart sudah tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan hingga Surabaya dan akan terus merambah kota-kota lainnya.