PT Bank Amar Indonesia Tbk beruntung telah melakukan transformasi menjadi bank digital sebelum pandemi Covid-19 mencuat. Sheingga perseroan tetap bisa melayani nasabah selama masa pandemi di saat pembatasan mobilitas diberlakukan.
Vishal Tulsian, President Director Bank Amar mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengakselerasi ekonomi digital di Indonesia. Namun, di saat yang sama, pandemi juga memperlebar kesenjangan di antara masyarakat berada dengan yang kurang secara ekonomi. Masyarakat yang belum memiliki rekening (unbanked) dan kurang terlayani (underserved) mengalami pukulan ekonomi lebih keras.
“Dengan menjadi bank digital, kami lebih maju dalam hal teknologi dan kami melayani segmen masyarakat unbanked dan underserved. Kami terus berkomitmen untuk memberikan layananan perbankan bagi yang membutuhkan lewat dua produk andalan, yaitu Tunaiku sebagai platform pinjaman digital dan Senyumku sebagai bank digital yang diluncurkan di Cloud,” kata Vishal dalam webinar, Selasa (02/02/2022).
Kedua aplikasi Bank Amar tersebut handal dalam memberikan layanan bank digital karena sudah menggunakan teknologi big data dan AI.
Dari segi prospek bisnis, dengan pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat, Vishal melihat potensi pertumbuhan besar untuk bank digital di tahun ini.
Strategi bisnis Bank Amar tahun ini masih akan tetap fokus menjangkau kalangan unbanked dan underserved. Bank ini menggunakan ekosistem digital untuk memperluas akses digital kepada masyarakat unbanked dan underserved sambil berfokus kepada pertumbuhan yang menguntungkan.
“Seperti yang kita lihat sekarang, ada banyak UMKM yang membutuhkan pendanaan. Strategi kami adalah berfokus pada kebutuhan mereka dan meningkatkan kredit untuk UMKM. Jadi kami akan meningkatkan pinjaman kami lebih banyak lagi untuk UKM dan UMKM,” ungkap Vishal.