Jakarta, ItWorks- Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan pengalaman belanja ritel dan manfaat keanggotaan secara online dan offline, telah bermitra dengan MoEngage untuk menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang lebih intuitif untuk para pelanggan. Melalui kemitraan ini, Alfagift telah mengalami peningkatan sebesar 45% dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75% dari H0 ke H90.
“Kami membangun Alfagift karena kami menyadari adanya peluang besar untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi anggota setia kami,” kata Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift dalam keterangan tertulis kepada pers (08/02/2022), di Jakarta.
Ditambahkan, MoEngage memungkinkan untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, terutama karena e-commerce terus berkembang pesat. “Kami telah mampu mempertahankan lebih dari 50% pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan bagi brand kami. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang kami lakukan berhasil, dan kami bertujuan untuk terusmembangun pendekatan ini,” ujarnya.
Disebutkan, sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota sudah semakin populer karena ketersediaan produk, variasi kategori, dan kemudahan berbelanja. Namun, tim Alfagift yang diluncurkan dengan visi untuk menjadi aplikasi e-commerce, ingin terus meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan pelanggan berbelanja dari mana saja dan kapan saja. Saat ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Android dan iOS.
Namun, dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler.
Dengan visi untuk membuat Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan, Alfagift bermitra dengan MoEngage dan merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan yang akan meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan. Selain itu juga menggunakan Alur MoEngage yang Alfagift memungkinkan pelanggan untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Alfagift melihat adanya 29% peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.
“Ketika industri e-commerce semakin terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan. Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan brand inovatif seperti Alfagift, yang mengutamakan customer-centricity dalam strategi bisnis mereka. Keterlibatan berbasis wawasan akan menjadi jalan ke depan dalam ekonomi digital, dan kami berharap dapat memperkuat kemitraan kami dan memungkinkan Alfagift mencapai tingkatan yang lebih tinggi,” kata Saurabh Madan, General Manager SEA dan ANZ, MoEngage.
MoEngage adalah platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan, dipercaya oleh lebih dari 1000 merek konsumen global seperti Ally Financial, McAfee, Flipkart, Domino’s, Nestle, Deutsche Telekom, Travelodge, dan banyak lagi. MoEngage memberdayakan pemasar dan pemilik produk dengan wawasan tentang perilaku pelanggan dan kemampuan untuk bertindak berdasarkan wawasan tersebut untuk melibatkan pelanggan di seluruh web, seluler, email, sosial, dan saluran perpesanan. (AC)