Penulis: Teguh IS.
Transformasi digital yang dijalankan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., mendapat apresiasi dari Dewan Juri TOP Digital Awards 2022. Inovasi digital berupa BNI Mobile Banking yang dilengkapi QRIS, BNI Direct untuk nasabah korporasi dan BNI Xpora untuk UKM dinilai berhasil meningkatkan layanan kepada nasabah dan kinerja bisnis perusahaan.
TOP Digital Awards adalah ajang pembelajaran dan penghargaan bidang TI tingkat nasional, diselenggarakan majalah It Works sejak tahun 2016 bekerjasama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco. Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2022 ini adalah “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government.”
“Tiga inovasi digital yaitu BNI Mobile Banking, BNI Direct dan BNI Xpora, sebagai implementasi transformasi digital yang dijalankan BNI dalam beberapa tahun terakhir, sejalan dengan tema TOP Digital yaitu transformasi digital harus memberi dampak strategis bagi bisnis perusahaan,” demikian rangkuman pendapat dari sesi Penjurian TOP Digital Awards 2022 di Jakarta, pada hari Jumat, 21 Oktober 2022 secara daring.
Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai dewan juri yaitu Kusuma Prabandari, Garuda Sugardo, Ashwin Sasongko, Muhammad Jumadi, dan Lim Kurniawan.
Baca: Kapabilitas BNI Mobile Banking Terus Ditingkatkan
Strategi Transformasi Digital BNI
Dalam ajang TOP Digital Awards tahun ini, Tim BNI membawakan materi bertajuk “The Strategic Impact of BNI Digital Transformation”.
“BNI punya visi menjadi lembaga keuangan yang terunggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan. Salah satu misi kami, memberikan layanan prima dan solusi digital kepada seluruh nasabah selaku mitra bisnis pilihan utama,” kata Sulaeman selaku STI VP Sector HC BNI, menjelaskan secara singkat latar belakang dijalankannya transformasi digital BNI.
“Hingga semester pertama 2022, BNI memiliki aset sebesar IDR 946.5 Triliun, dengan 75.1% YOY Pertumbuhan Profit Bersih, dan lebih dari 1.1 Juta Account Pinjaman,” imbuhnya terkait profil BNI.
Lebih lanjut, Sigit Prihatmoko selaku VP Corporate Strategy BNI menjelaskan strategi menuju BNI Go Global, “Ada 4 strategi yang kami jalankan untuk menggarap 2 segmen yaitu Consumer dan Business.”
“Strategi pertama, digitalisasi bisnis proses dan internal capabilities. Kedua, membangun digital platform yang dilengkapi dengan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Ketiga, memperluas jangkauan distribusi melalui Digital Ecosystem, Open Banking dan Partnership. Keempat, menjadikan IT sebagai enablers”.
Baca: BNI HUT ke-76, Punya Tiga Produk Champion
Inovasi Digital Unggulan
Menjelaskan kepada dewan juri tentang inovasi digital BNI, Sri Indira selaku GM Divisi e-Banking BNI mengutarakan, “BNI senantiasa melakukan pengembangan produk digital yang kompetitif dengan market yaitu solusi keuangan dari bank lain ataupun lembaga keuangan non bank atau tekfin.”
“Sampai saat ini, kami tengah mengembangkan berbagai solusi perbankan yang menjadi bagian dari all – in – one stop Solution di BNI Mobile Banking sebagai inovasi digital andalan kami di segmen Consumer banking.”
Diungkapkannya bahwa penggunaan BNI Mobile Banking tumbuh secara signifikan setiap tahunnya, baik jumlah pengguna yang terdaftar (34,7%); frekuensi transaksi (34,8%); nilai transaksi (36,8%), dan rata-rata harian frekuensi penggunaan mobile banking (34,8).
“Data per 30 Juni 2022, jumlah pengguna terdaftar tercatat 12,14 juta. Sedangkan frekuensi transaksi tercatat 271 juta,” tutur Sri Indira. “Bahkan, nilai transaksi lewat aplikasi mobile BNI itu telah melampai transaksi lewat ATM.”
Baca: Jumlah Pengguna dan Transaksi BNI Mobile Banking Terus Meningkat
Lebih jauh, Sri Indira menuturkan bahwa implementasi QRIS di BNI telah membuat transformasi pada sistem pembayaran yang ada saat ini. Dengan implementasi QRIS, merchant mitra BNI hanya perlu memiliki satu QRIS saja agar dapat digunakan pada seluruh aplikasi pembayaran pelanggan.
“QRIS di BNI secara impresif telah menjangkau sektor usaha kecil-menengah, pariwisata, transportasi, dan sektor lainnya. Itu terbukti dengan jumlah merchant QRIS lebih dari 2 juta merchant dan dapat digunakan oleh 12 juta user mobile banking yang teregistrasi,” ujar Sri Indira kepada dewan juri.
“QRIS di Mobile Banking men-transformasi pengalaman pembayaran nasabah dengan cepat, mudah dan diterima dimanapun pada seluruh QRIS untuk berbelanja tanpa takut kekurangan kembalian,” tegasnya.
Untuk segmen Bisnis, tersedia inonasi digital yaitu BNI Direct yang melayani semua kebutuhan klien dalam satu portal terintegrasi. ”Ini merupakan layanan transaksi dengan platform internet banking khusus untuk nasabah korporasi yang membutuhkan solusi cash management secara online dalam pengelolaan kas perusahaan,” terang Indira.
Penggunaan BNI Direct pun tumbuh secara signifikan setiap tahunnya, baik jumlah pengguna (17,5%); frekuensi transaksi (25,8%); dan nilai transaksi (35,4%).
Baca: Program Xpora BNI Diapresiasi Komisi VI DPR
BNI juga tak henti mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air untuk merambah pasar internasional dan mendukung program pemerintah, dengan inovasi digital BNI Xpora (Solusi UKM Ekspor).
Sederhananya, BNI Xpora adalah solusi digital portal BNI yang ditujukan untuk UKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. “Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang sudah siap memperluas pasar,” jelas Andi Achmad selaku anggota Tim BNI Xpora kepada dewan juri.
Menurutnya, ada sejumlah manfaat solusi ini bagi BNI yaitu, “Adanya peningkatan jumlah dan transaksi nasabah UKM ekspor serta mendukung program pemerintah.”
“Xpora jadi solusi bagi para eksportir dan ekosistemnya. Saat ini, sudah diakses oleh lebih dari 120 ribu UKM eksportir dan 20 juta UKM yang berasal dari nasabah UKM BNI, partner strategis BNI (Telkomsel, TaniHub, Smesco), berbagai program terkait UKM dari sejumlah Kementerian dan Lembaga (Kementerian BUMN, dll), dan berbagai asosiasi.”
“Juga menyediakan jaringan ke lebih dari 100 juta pelanggan di seluruh dunia dan lebih dari 30.000 pebisnis di 50 negara: nasabah BNI di luar negeri. Trade club & network, akses ke pasar luar negeri (KBRI, Jaringan Diaspora Indonesia), Ritel & Toko (fisik & online seperti Shopee, Sarinah, PADI UMKM, 99% Usahaku, dll).”
“Xpora juga telah memfasilitasi UKM untuk terkoneksi ke berbagai pemberdayaan UKM yang holistik, antara lain: Pelatihan, advisory, dan inkubasi: Smesco, PPEI, Univ. Indonesia, dll; Penyedia konektivitas seperti Telkomsel; Tools produktivitas bisnis: chatat.id; Izin lisensi dan ekspor: BKPM; B2B Matchmaking & Promosi Perdangan: KBRI di luar negeri; Transaksi & Keuangan: BNI; dan Penyedia layanan logistik: Janio,” tambah Andi.
Bukan hanya itu, BNI Xpora pun didukung portal digital dengan teknologi tercanggih, export advisors terbaik di kelasnya, dan 7 hub fisik yang tersebar di seluruh Indonesia.
Turut hadir dari BNI di sesi Penjurian TOP Digital Awards 2022: Isa Falaq, Aries Firdiasyah, Fitra Maria Phitaloka, Iman Setiawan, M. Fadly, Rifky Nandiasyah, Gilang Ramadhan, Tryfino, Auzaiy, Meliana, dan Iddo.
Baca: TOP Digital Awards 2021: Dukung UKM Go Global, BNI Hadirkan BNI Xpora