Aktivitas keagamaan dalam jaringan (daring) diperkirakan akan meningkat 39 persen selama Ramadan tahun 2023, dibandingkan bulan lainnya dalam satu tahun.
Bulan Ramadan tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22 Maret hingga 21 April 2023.
Masyarakat Indonesia yang melek digital banyak beralih ke aplikasi dan saluran digital lainnya untuk mendukung aktivitas Ramadan mereka. Jumlah pengguna dan tingkat aktivitas pada saluran dan perangkat digital tumbuh secara signifikan selama Ramadan.
Demikian disampaikan Senior Manager, Inventory Partnership The Trade Desk Kautsar Ikrami dalam acara “Ramadhan Success with The Trade Desk” di Jakarta, 11/01/2023.
Lebih lanjut ia memaparkan satu dari tiga masyarakat Indonesia berencana untuk mengonsumsi konten streaming video sebagai bentuk hiburan utama sepanjang bulan Ramadan 2023.
Masyarakat akan mulai mengkonsumsi konten streaming video dengan lebih awal (saat sahur) dan kembali mengaksesnya mendekati waktu berbuka puasa (pukul 17.00 WIB dan seterusnya).
Masyarakat cenderung fokus pada konten religi saat sahur, serta konten yang lebih ringan seperti komedi dan film lebih populer menjelang buka puasa.
Survei yang dilakukan perusahaan teknologi periklanan global The Trade Desk dan lembaga riset YouGov itu memperlihatkan pandemi COVID-19 telah mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan spiritual.
Berdasarkan hasil survei tersebut, selama pandemi COVID-19 dua dari tiga masyarakat Indonesia melakukan kegiatan keagamaan secara daring, baik melalui aplikasi seluler maupun media daring.
Survei dilakukan terhadap sekitar 2.000 orang dewasa di Indonesia pada November 2022, yang seluruh data dikategorisasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kelas sosial ekonomi untuk mencerminkan perkiraan populasi terkini.
Baca: Tren Aplikasi Populer di Indonesia Selama Ramadhan 2022