Bila dahulu contact center hanya identik bisa dimiliki perusahaan besar, kini hal itu tidak demikian. Artinya, perusahaan UKM (usaha kecil menengah) kini juga sudah bisa memiliki contact center center. Hal itu bisa diakomodasi salah satunya lewat solusi terbaru dari Avaya, yang baru diperkenalkan di Indonesia, yakni Avaya Experience Platform.
Yup, ACA Pacific dan Avaya Indonesia meluncurkan Avaya Experience Platform di Indonesia untuk memberikan solution bisnis hybrid yang fleksibel dan produktif bagi karyawan untuk dapat menciptakan layanan tanpa hambatan bagi pelanggan.
Avaya Experience Platform adalah platform Contact Center-as-a-Service (CCaaS) bertenaga AI dan Avaya Experience Platform, yang menawarkan kolaborasi alur kerja komprehensif dan teknologi komunikasi terpadu.
“Sekarang Avaya mengeluarkan (solusi) yang namanya Avaya Experience Platform, atau istilahnya Contact Center as a Service (Contact Center yang di cloud). Avaya sudah mengeluarkan solusinya, semuanya ada di cloud. Jadi, kalau orang (perusahaan UKM) yang mau punya call center, (kini) nggak perlu punya server. Cukup menyewa. Jadi, sekarang Kalau orang mau punya call center itu cukup menyewa, servernya sudah disiapkan Avaya,” ujar Wiranto, Country Manager ACAPacific saat sesi peluncuran Avaya Experience Platform yang diadakan di Satrio Tower, Jakarta (278/7/2023)
Singkat kata, sekarang kalau perusahaan mau punya contact center kini hanya perlu perlu perangkat berupa laptop dan headset.
“Karena bentuknya sudah sederhana seperti ini, bentuknya sudah ada di cloud, makanya sekarang sangat mungkin sekali dipakai buat Small Medium Enterprise,” jelas Wiranto.
Avaya Experience Platform disebut mendukung UKM dan organisasi pasar menengah untuk meningkatkan produktivitas staf di mana pun lokasi fisiknya. Dengan Avaya Experience Platform, staf dapat mengobrol, mengirim pesan, melakukan panggilan video, dan mengirim file di satu tempat ke tempat lainnya, artinya mereka dapat bekerja dengan lancar sebelum, selama, dan setelah rapat. Demikian pula, pelanggan dapat dengan mudah menjangkau staf melalui berbagai saluran, menciptakan interaksi yang mulus dan mencegah kesenjangan dalam layanan pelanggan.
Platform ini juga memungkinkan staf untuk mengurangi beban kerja mereka sehingga mereka dapat fokus pada elemen interaksi pelanggan antarpribadi. Dengan Avaya Experience Platform, staf dapat memberikan informasi real-time kepada pelanggan dengan bantuan asisten virtual bertenaga kecerdasan buatan (AI), dan menggunakan sistem berbasis keahlian untuk secara otomatis dapat mencocokkan jawaban pelanggan dengan pernyataan yang paling sesuai dengan pertanyaan mereka. Dengan analitik dan pelaporan bawaan, tim juga dapat memperkirakan lalu lintas pelanggan dan mengalokasikan sumber daya karyawan tambahan atau opsi layanan mandiri pada waktu tertentu untuk memenuhi permintaan.
Yang terpenting, Avaya Experience Platform dapat digunakan di lingkungan cloud publik, pribadi, dan hybrid, yang berarti pelanggan dapat memanfaatkan manfaat platform tanpa merombak total sistem yang ada. Misalnya, organisasi dapat melengkapi pusat kontak khusus suara dengan saluran obrolan, teks, dan sosial.
Avaya Experience Platform menawarkan kesederhanaan satu platform dengan semua yang dibutuhkan staf untuk melakukan pekerjaan mereka, dan memiliki kecerdasan untuk memprediksi dan mengelola volume besar dan jenis permintaan pelanggan. Ini juga memberikan jaminan seputar ketepatan data, masalah yang menjadi perhatian utama bagi para pelaku bisnis.
Avaya Experience Platform juga akan menciptakan pilihan yang lebih besar dan pendapatan tambahan untuk mitra Avaya, dengan menambahkan platform komunikasi ke penawaran mereka yang sudah ada.
ACA Pacific sendiri merupakan perusahaan jaringan saluran B2B terbesar dari distributor IT lokal di seluruh dunia yang saling mendukung melalui satu platform tunggal untuk mendorong kesuksesan pasar yang berkelanjutan. ACA Pacific juga bekerjasama dengan Avaya sebagai Wholesale Distributor resmi untuk Penjualan Avaya Experience Platform di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan AXP.