CEO IBM: Krisis Virus Corona Akan Percepat Tingkat Adopsi AI dan Cloud

Penulis redaksi

Penyebaran virus corona dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk mempercepat adopsi teknologi modern, seperti artificial intelligence (AI) dan cloud. Hal tersebut seperti dikatakan oleh CEO IBM, Arvind Krishna, seperti dilansir CNBC.

Sebagaimana diketahui AI dan Cloud merupakan dua peluang besar bagi IBM, yang masih aktif (pada bisnis) dalam kategori yang lebih tradisional seperti komputer mainframde dan software database. IBM tertinggal jauh di belakang para pemimpin di segmen Cloud, yakni Amazon dan Microsoft dalam hal pangsa pasar. Sementara di segmen AI, IBM telah dikritik karena terlalu menjanjikan. Demikian tulis CNBC dalam laporannya.

Arvind Krishna merupakan CEO baru IBM, pria ini disebut memiliki pengalaman dalam menjalankan organisasi cloud IBM. Dia juga menyebut bahwa dunia ini baru 20% di cloud, dan telah memanfaatkan hanya 4% dari potensi produktivitas dalam AI.

Lebih jauh Krishna mengatakan, IBM sendiri telah melakukan perubahaan teknologi untuk membantu sekitar 95% karyawannya bekerja dari rumah, guna menghindari penyebaran virus corona yang lebih luas. Karyawan IBM telah menghabiskan lebih dari satu juta jam untuk konferensi video dalam beberapa minggu terakhir. Karyawan memiliki lebih dari 200.000 koneksi jaringan private, perusahaan telah mendistribusikan setengah juta laptop dan ratusan ribu perangkat seluler, bersama dengan ratusan data center.

“Ketika kita melihat penggunaan AI dan cloud, saya pikir hal itu juga akan mempercepat (tingkat adopsinya), bukan hanya kita, tetapi bagaimana klien kita melakukan transformasi digital mereka. Dan saya percaya krisis ini hanya mempercepat hal tersebut yang akan kita lihat beberapa bulan ke depan,” ujar Krishna.

Sebagaimana diketahui IBM telah mengakuisi perusahaan penyedia software cloud open source, Red Hat. Akuisisi Red Hat, dikatakan oleh CEO IBM sebelumnya Ginni Rometty akan membawa perubahaan secara drastis dan mengubah segala sesuari tentang pasar cloud. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment