Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis, kembali menjadi kandidat meraih TOP Digital Awards. Dalam penyelenggaraan TOP Digital Awards 2023, Qiscus telah meraih penghargaan tertinggi Bintang 5 kategori perusahaan penyedia solusi ICT.
Selaras dengan tema penyelenggaraan tahun TOP Digital Awards 2024 yaitu “Business Solutions, Generative AI, and Cyber Security for Excellence Business and Services” Qiscus pun menghadirkan solusi bisnis unggulannya yang telah memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yaitu Qiscus AI.
Selain berupaya mengembangkan teknologi AI dasar, Qiscus juga fokus pada pemanfaatan AI untuk menciptakan solusi untuk mengatasi tantangan nyata yang dihadapi bisnis.
“Qiscus AI, dengan produk unggulan Robolabs LLM beserta Qiscus Agent Copilot, ingin mendorong transformasi customer experience (CX ) di Indonesia,” kata Muhammad Faris Saeful’ilmi, Product Manager Qiscus, kepada Dewan Juri TOP Digital Awards 2024, secara daring, Rabu, 13/11/2024.
“Kami membawa Robolabs LLM sebagai fitur unggulan baru bersama Qiscus Agent Copilot dalam ekosistem Qiscus AI untuk menavigasi bisnis menuju kesuksesan dengan knowledge-driven intelligence, brand-aligned persona, dan governance frameworks,” Faris menjelaskan.
Baca: Perkuat Ekosistem AI, Qiscus Luncurkan Qiscus AI dan Solusi Terbaru Robolabs LLM
Bot Cerdas: Robolabs LLM
Lebih lanjut, Faris memaparkan sejumlah keunggulan utama Robolabs LLM, “Ia mampu memahami konteks percakapan sekaligus memverifikasi informasinya akurat dan didukung oleh data terkini.”
Robolabs LLM juga membantu bisnis menciptakan pengalaman pelanggan yang benar-benar personal melalui penyesuaian persona chatbot. “Bahkan, brand kini dapat membuat beberapa persona bot, misalnya satu untuk departemen penjualan dan satu lagi untuk dukungan pelanggan.”
Ia juga mampu untuk mengenali keterbatasannya sendiri. Ketika percakapan menjadi terlalu kompleks, chatbot secara otomatis meneruskannya ke agen manusia. Dengan kemampuan integrasi API yang seamless, Qiscus AI dapat terhubung dengan berbagai sistem eksternal. “Hal ini menunjukkan betapa mudahnya Qiscus AI dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bisnis,” tutur Faris.
Melalui fitur Qiscus Agent Copilot, AI yang kami kembangkan terus memberikan saran, meningkatkan respons, dan belajar dari interaksi untuk menjadi lebih cerdas di masa depan. “Ini menciptakan siklus umpan balik yang berkelanjutan, di mana solusi AI kami akan semakin selaras dengan kebutuhan pengguna,” tegasnya.
Yang kalah penting, Robolabs LLM mengutamakan security dan safety dalam menjaga AI tetap terkendali. Melalui umpan balik dari agen, solusi ini secara aktif mengidentifikasi dan mengatasi bias dalam model guna memastikan respon yang akurat.
“Selain itu, sistem pencegahan injeksi prompt yang kuat melindungi AI dari manipulasi, menjaga konsistensi dan keamanan dalam pengoperasian chatbot,” tambah Faris.
Keamanan Informasi
Terkait keamanan siber, ia pun menegaskan bahwa Qiscus memiliki komitmen yang tinggi terkait perlindungan keamanan informasi dalam menjalankan bisnisnya.
“Selaras dengan visi Qiscus menjadi perusahaan teknologi kelas dunia, dengan memberdayakan percakapan global, maka kami pun menerapkan standar internasional dalam menjalankan bisnis, termasuk untuk perlindungan keamanan informasi,” kata Faris.
Qiscus telah meningkatkan pengamanan data pelanggan serta lalu lintas data antar platform dengan mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2022 selaras dengan berlakunya, UU No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi
“Kami juga telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Private dan SIINas,” tambah Faris.
Dalam pernyataan penutup, Evan Purnama selaku CPMO & Co-founder Qiscus menyampaikan, “Qiscus AI, dengan produk unggulannya Robolabs LLM, merupakan langkah besar kami dalam menghadirkan solusi AI yang komprehensif untuk bisnis di Indonesia. Melalui kemampuan integrasi dengan berbagai API eksternal, Qiscus AI tidak hanya menjadi platform yang fleksibel, tetapi juga menjadi pusat dari ekosistem AI kami yang terus berkembang.”
“Dengan inovasi-inovasi terbaru ini, Qiscus semakin memantapkan posisinya sebagai end-to-end omnichannel customer engagement platform terdepan di Asia Tenggara,” ujar Eva.
Digelar sejak tahun 2016, TOP Digital Awards adalah kegiatan pembelajaran bersama dan pemberian penghargaan kepada perusahaan/instansi pemerintah yang dinilai berhasil menerapkan TI untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanan kepada pelanggan atau masyarakat.
Diselenggarakan oleh majalah It Works bekerja sama dengan sejumlah asosiasi/konsultan serta akademisi/pakar di bidang Teknologi Informatika (TI) terkemuka di Tanah Air, TOP Digital Awards bertujuan mendorong inovasi digital dan mempercepat transformasi digital di Indonesia. Tahun ini mengusung tema “Business Solutions, Generative AI, and Cyber Security for Excellence Business and Services.” Bertindak selaku dewan juri: Melani K. Harriman, Benyamin De Haan, Ashari Abidin, Dwinda Ruslan, dan Jonathan Prabowo.