ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Berapa Banyak Perusahaan Pengiriman Paket yang Melewatkan Fitur AI dan Keamanan

Fauzi
13 October 2025 | 16:30
rubrik: Expert
Zebra Dukung Sektor Manufaktur Indonesia Genjot Produktivitas dan Pangsa Pasar

Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies

Share on FacebookShare on Twitter

Oleh: Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies

Pada Maret tahun ini, sebuah layanan pos milik negara mengumumkan penghentian semua layanan pengiriman surat pada akhir 2025, menyusul penurunan volume surat hingga 90% sejak awal abad ini. Negara lain juga melaporkan bahwa volume surat menurun setengahnya antara tahun 2011/2012 dan 2022/2023, dari sekitar 14 miliar item menjadi tujuh miliar item. Di berbagai negara, kantor layanan pos juga mulai ditutup, harga perangko naik, dan frekuensi layanan pos harian serta mingguan terus berkurang.

Surel, SMS, aplikasi pesan instan, surat digital, tagihan, dan faktur secara alamiah menyebabkan apa yang disebut sebagai ‘penurunan struktural’ dalam pengiriman surat kertas fisik. Penurunan ini terjadi secara regional, namun berbanding terbalik dengan lonjakan pengiriman paket domestik dan internasional, yang meningkat pesat sejak pandemi dan pertumbuhan e-commerce. Kini, semakin banyak perusahaan pengiriman paket yang bersaing di pasar, menawarkan layanan pengiriman ke rumah, toko, dan locker, dengan berbagai kecepatan pengiriman.

Di Indonesia, badan usaha milik negara yang sebelumnya berfokus pada layanan pos telah telah bertransformasi menjadi penyedia layanan logistik dan paket ekspres. Transformasi ini sejalan dengan pertumbuhan pesat industri logistik, yang didorong oleh booming sektor e-commerce, yang diperkirakan akan menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia, dengan nilai yang diproyeksikan mencapai US$150 miliar pada tahun 2030.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 15.848 perusahaan yang bergerak di bidang pergudangan, ekspedisi, dan kurir di seluruh Indonesia. Namun, mayoritas (66,17%) perusahaan ekspedisi dan kurir tersebut melaporkan pendapatan tahunan kurang dari Rp2 miliar (sekitar US$121,400). Meskipun demikian, sebagian besar perusahaan ini (83,44%) sudah mengadopsi teknologi canggih dalam operasional mereka, yang menunjukkan komitmen industri ini terhadap modernisasi.

Perusahaan pengiriman paket dan kurir tersebut membutuhkan aliran tenaga kerja logistik baru secara rutin, mulai dari operator gudang hingga pengemudi, untuk menangani rute baru, titik pengantaran yang semakin luas, dan ekspektasi pelanggan terhadap kecepatan pengiriman. Dengan semakin banyaknya organisasi yang masuk ke sektor pengiriman paket ini, persaingan untuk merekrut pekerja di lini depan pun meningkat. Pelatihan yang cepat, berkualitas, dan mudah dipahami oleh pekerja, sangat dibutuhkan agar karyawan baru mencapai tingkat produktivitas yang dibutuhkan. Studi Zebra yang bertajuk Impact of Intelligent Operation menunjukkan bahwa perusahaan transportasi dan logistik di seluruh dunia mengalami peningkatan produktivitas sebesar 21% ketika alur kerja dioptimalkan menggunakan teknologi canggih seperti AI dan otomatisasi. Ini menunjukkan dampak signifikan dari penyederhanaan operasional terhadap efisiensi pekerja di lini depan.

BACA JUGA:  Modernisasi: Menjadikannya Sebuah Business Case

Mempersiapkan Masa Depan AI
Di sinilah artificial intelligence (AI) berperan. AI dapat menjadi asisten yang terintegrasi ke dalam pekerjaan sehari-hari para pekerja logistik dan pos, AI bisa memberikan informasi penting seperti prosedur operasional standar, kebijakan SDM, memberikan rekomendasi rute terbaik secara tepat waktu atau pembaruan lokasi pengantaran, serta membantu pekerja lini depan melacak tugas selanjutnya yang perlu dilakukan. Menurut studi Zebra, Impact of Intelligent Operations, lebih dari dua pertiga perusahaan transportasi dan logistik global kini menggunakan AI untuk manajemen inventaris, memperkirakan permintaan, dan prediktif analitik, yang memungkinkan visibilitas operasional real time dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

Mengintegrasikan AI dalam tugas pengiriman paket di lini depan merupakan bagian dari strategi pertumbuhan yang mempercepat pelatihan dan meningkatkan produktivitas karyawan baru, dan menghemat biaya. Hasilnya adalah penghematan biaya, jam kerja yang lebih fokus pada pelanggan, dan lebih banyak tugas yang bisa diselesaikan. Hal ini juga memberikan dampak positif terhadap pengalaman pekerja lini depan karena tugas manual jadi lebih mudah dikerjakan. Selain itu, studi Zebra Impact of Intelligent Operations menandakan bahwa perusahaan transportasi dan logistik yang mengoptimalkan alur kerja pengiriman dan inventaris mengalami pertumbuhan pendapatan hingga 3,4 poin persentase serta mengalami peningkatan profitabilitas, menyoroti keuntungan finansial yang didapatkan langsung saat mereka berinvestasi pada pengoptimalan alur kerja.

Namun, di mana AI berada? Di mana AI ditempatkan sehingga mudah diakses tanpa menghambat pekerjaan sehari-hari? Satu jawabannya adalah, AI diaplikasikan di perangkat yang dipegang oleh pekerja gudang dan logistik, di perangkat genggam dan wearable mereka. Secara spesifik, inilah model AI on-device (AI yang dijalankan langsung di perangkat), sehingga data tidak perlu disimpan di cloud, yang memberikan perusahaan lapisan keamanan tambahan dan mengurangi latensi karena semua pemrosesan bisa dilakukan di perangkat itu sendiri. Akan tetapi, perangkat tersebut harus mampu menjalankan pekerjaan AI dengan chipset yang tepat, bukan sekadar perangkat mobile yang murah, dan menerapkan kebijakan bekerja dengan perangkat sendiri, terutama untuk kontraktor dan karyawan sementara/musiman.

BACA JUGA:  IP Camera Berbasis AI Antares Eazy Cegah Bullying di Sekolah

Perangkat yang AI-ready harus dilengkapi dengan chipset terbaru dan arsitektur software yang tepat. Kita bicara tentang perangkat yang dirancang untuk pemrosesan dan pengiriman paket, bukan ponsel konsumen. Perangkat yang bisa dikelola, diamankan, diservis, dan diperbarui secara cepat oleh tim IT atau tim teknologi operasional. Alat yang canggih, seperti RFID dan machine vision, juga memainkan peran yang penting dalam meningkatkan visibilitas dan efisiensi operasional di seluruh alur kerja transportasi dan logistik, sehingga meningkatkan produktivitas dan akurasi.

Satu Pertanyaan tentang Keamanan
Perhitungan sederhana atas biaya per perangkat atau keseluruhan, tidaklah cukup. Pendekatan strategis jangka panjang menuntut organisasi untuk tidak tergoda membeli perangkat termurah atau meminta pekerja menggunakan ponsel pribadi mereka.

Para pemimpin IT dan operasional seharusnya fokus pada value jangka panjang. Biaya akibat jam kerja yang hilang, proses orientasi dan pelatihan yang lambat, rute yang lebih lambat maupun pilihan rute pengiriman yang tidak efisien, serta risiko keamanan dan kebocoran data harus dipandang sebagai alasan kuat untuk berinvestasi pada perangkat kerja yang tepat. Di Indonesia, sebuah studi menunjukkan korelasi yang signifikan antara kepuasan pelanggan e-commerce dan kualitas layanan pengiriman paket, terutama dalam hal kecepatan dan akurasi pengiriman.

Perlindungan data dan privasi merupakan prioritas menyeluruh bagi organisasi di sektor logistik dan pos. Artinya, langkah dan kebijakan keamanan harus mampu melindungi data yang tersimpan di sistem ERP dan CRM pusat, di cabang lokal, serta di perangkat pekerja pengiriman yang sedang bekerja di lapangan, mengantarkan paket ke rumah dan loker pelanggan.

Justru kelompok terakhir inilah, yaitu pengemudi dan petugas pengiriman, yang paling berisiko karena masih ada perusahaan yang meminta mereka untuk menggunakan ponsel pribadi, yang tidak memiliki level keamanan data dan software yang dibutuhkan dalam lingkungan kerja profesional. Praktik penggunaan perangkat pribadi untuk bekerja umum terjadi di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia, di mana banyak perusahaan menerapkan kebijakan bawa perangkat Anda sendiri dengan dalih meningkatkan produktivitas karyawan saat bekerja secara remote. Padahal, kebutuhan keamanan mencakup pembaruan software yang rutin dan kuat, aplikasi yang disetujui, keamanan Wi-Fi dan manajemen armada IT. Melindungi data pelanggan adalah hal yang sangat penting. Peretasan, ransomware, dan kebocoran data di dark web bisa mencederai kepercayaan konsumen dan pendapatan bisnis.

BACA JUGA:  Perusahaan Keamanan Siber 'Vehere' Tunjuk Alfa Siber Teknologi Jadi Distributornya di Indonesia

Upaya menghemat biaya dengan membeli perangkat paling murah di pasar justru bisa berujung pada kerugian yang lebih besar, baik dari sisi hardware maupun reputasi perusahaan, terutama jika perangkat murah tersebut ternyata memiliki kelemahan keamanan dan tidak dilengkapi dengan chipset yang mendukung kapabilitas AI. Risiko semakin meningkat ketika perusahaan mempekerjakan tenaga musiman atau kontraktor, karena saat mereka selesai bekerja, mereka akan membawa serta ponsel pribadi yang mungkin menyimpan sejumlah besar data pelanggan, yang bisa memberikan risiko yang lebih besar.

Perusahaan logistik dan pengiriman paket kini menginginkan pekerja lini depan yang lebih terhubung, termasuk visibilitas aset dan inventaris yang lebih baik dalam operasional, pengiriman paket, rute, dan drop-off. Tetapi, semua ini harus dilakukan secara aman, karena para pekerja lapangan ini berada di lini depan dalam membuat, membaca, dan mengambil data pribadi maupun data perusahaan, dan mereka adalah wajah perusahaan di mata pelanggan. Portofolio solusi otomatis cerdas dari Zebra, termasuk tools berbasis RFID dan AI, dikembangkan khusus untuk menjawab tantangan tersebut. Dengan menghadirkan visibilitas real time dan lancar, pengambilan keputusan yang lebih cerdas, dan operasional yang aman, Zebra membantu perusahaan transportasi dan logistik beradaptasi dengan tuntutan yang terus berubah, sekaligus tetap kompetitif.

Tags: AIZebra Technologies
Previous Post

Luncurkan TELIS 2.0, Telkom Dorong Digitalisasi Tata Kelola Legal Berbasis AI

Next Post

OJK Luncurkan Roadmap Pengembangan Dan Penguatan Usaha Pergadaian

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

TOP Digital Awards 2025: Kata.ai Perkuat Layanan Digital Berbasis AI Dorong Transformasi Bisnis di Indonesia

TOP Digital Awards 2025: Kata.ai Perkuat Layanan Digital Berbasis AI Dorong Transformasi Bisnis di Indonesia

Albarsah
13 November 2025 | 13:45

TOP Digital Awards 2025: Digitalisasi Tingkatkan Kinerja dan Performa Patra Jasa

TOP Digital Awards 2025: Digitalisasi Tingkatkan Kinerja dan Performa Patra Jasa

Albarsah
13 November 2025 | 11:31

blibli-pelopor-keamanan-ecommerce

TOP Digital Awards 2025: Blibli Pelopor Keamanan Industri E-Commerce

Mi’roji
13 November 2025 | 10:00

TOP Digital Award 2025: Berkat Digitalisasi Layanan Publik Kota Madiun Efisien dan Transparan

TOP Digital Award 2025: Berkat Digitalisasi Layanan Publik Kota Madiun Efisien dan Transparan

Abi Abdul Jabbar Sidik
12 November 2025 | 23:13

TOP Digital Awards 2025: Bank BPD Kalbar Tingkatkan Alokasi Biaya Kejar Digital Banking

TOP Digital Awards 2025: Bank BPD Kalbar Tingkatkan Alokasi Biaya Kejar Digital Banking

Ahmad Churi
12 November 2025 | 23:06

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2025: BAZNAS RI Tunjukkan Keunggulan Transformasi Digital yang Layak Ditiru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2025: Digitalisasi Tingkatkan Kinerja dan Performa Patra Jasa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2025: Kata.ai Perkuat Layanan Digital Berbasis AI Dorong Transformasi Bisnis di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dukung Beban Kerja Agentic AI Terdistribusi, Cisco Luncurkan Platform Unified Edge Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni
cover it works
cover it works

ICT PROFILE

andris-masengi-outsystens-indonesia

Andris Masengi Pimpin OutSystems Indonesia, Dorong Inovasi Low-Code Berbasis AI

Teguh Imam Suyudi
1 November 2025 | 17:00

OutSystems, pemimpin global dalam platform pengembangan low-code berbasis AI, resmi menunjuk Andris Masengi sebagai Country Leader untuk Indonesia. Langkah ini...

Waspada Titik Wi-fi Publik Piala Dunia 2018 Punya Masalah Keamanan

Kaspersky Tunjuk Simon Tung Pimpin Wilayah ASEAN

Ahmad Churi
22 October 2025 | 10:03

ItWorks- Kaspersky, perusahaan keamanan siber dan privasi digital global, mengumumkan penunjukan Simon Tung sebagai General Manager baru untuk ASEAN (Perhimpunan...

EXPERT

Cloudera Akuisisi Taikun, Cloudera Hadirkan Pengalaman Cloud untuk AI di Mana Pun

Perlindungan Data Dimulai dengan Visibilitas dan Kontrol

Fauzi
23 October 2025 | 13:14

Oleh: Carolyn Duby, Field CTO and Cyber Security GTM Lead, Cloudera Seiring maraknya AI membuat peningkatan baik volume maupun value...

Zebra Dukung Sektor Manufaktur Indonesia Genjot Produktivitas dan Pangsa Pasar

Berapa Banyak Perusahaan Pengiriman Paket yang Melewatkan Fitur AI dan Keamanan

Fauzi
13 October 2025 | 16:30

Oleh: Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies Pada Maret tahun ini, sebuah layanan pos milik negara mengumumkan penghentian semua...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto