Logitech Rally, solusi konferensi video untuk semua kalangan

Penulis Teguh Suyudi

Solusi video conference masih dirasakan mahal bagi sebagian kalangan bisnis. Video conference biasanya harganya sangat tinggi, implementasi tidak luas dan hanya untuk memenuhi kebutuhan terbatas, seperti perusahaan dan pemerintahan. Juga, perangkat konferensi video konvensional biasanya memerlukan staf TI khusus untuk menjalankan perangkat.

“Semua itu ada pada level tinggi, padahal yang membutuhkan kolaborasi seiring berkembangnya bisnis adalah mereka yang ada di lapangan,” ujar Country Manager Logitech Indonesia, Ismail Maksum, dalam temu media di Jakarta, Senin (24/9).

Memperhatikan hal itu, perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Swiss, Logitech, menghadirkan perangkat solusi video conference atau konferensi video, Logitech Rally.

“Perangkat ini diharap mampu menciptakan pengalaman kolaborasi sekaligus membantu efisiensi bisnis dalam melakukan konferensi video,” tambah Ismail.

Logitech Rally menghadirkan solusi dengan sistem “plug and play,” sehingga konferensi video dapat dilakukan semua kalangan.

Solusi ini terdiri dari kamera dengan sensor 4K dengan kemapuan 15x HD zoom dan dapat bergerak 90 derajat. Kamera ini dibekali software dengan kecerdasan buatan (AI) untuk mengatur tingkat pencahayaan, warna dan suara.

Perangkat lunak Logitech RightLight dapat mengoptimalkan keseimbangan cahaya dan warna untuk menampilkan wajah dan warna kulit alami dalam kondisi minim cahaya.

Ada pula Logitech RightSight yang memanfaatkan fitur computer vision untuk mengubah pengaturan kamera secara otomatis agar setiap peserta meeting terlihat dengan jelas di layar. Teknologi ini akan datang dalam bentuk pembaruan software pada awal tahun depan.

Untuk kamera,  Logitech Rally dilengkapi dengan remote dengan tombol yang sederhana untuk mengarahkan kamera, memperbesar gambar dan memperkeras suara. Terdapat pula speaker, mikrofon serta hub yang menghubungkan perangkat ke PC atau laptop.

Perangkat ini juga dibekali software Logitech RightSound untuk meningkatkan kejernihan suara dan meredam suara bising dan gema sekitar, serta menyesuaikan level audio secara otomatis.

Logitech Rally berbeda dengan perangkat konferensi video konvensional karena ia dapat digunakan dengan aplikasi yang menawarkan fitur konferensi video, WhatsApp, misalnya.

“Solusi kita sederhana, bisa langsung terkoneksi ke laptop atau PC, langsung buka Google Hangout atau Skype for Business. Dengan demikian, solusinya lebih mudah karena interface-nya sudah familiar,” kata Ismail.

Ismail mengatakan bahwa Logitech Rally lebih ditujukan untuk perusahaan kecil menengah. Namun, solusi ini yang dapat mengakomodir ruang pertemuan dengan peserta hingga 20 orang, juga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar jarak jauh ataupun dalam perkara pengadilan atau yang disebut Telejustice.

Logitech Rally akan dipasarkan dalam satu paket di Indonesia pada awal  2019. Namun, Logitech juga memasarkan speaker dan mikrofon secara terpisah, sehingga pengguna dapat menambahkannya jika dibutuhkan.

“Jika dibandingkan produk lain, kisarannya (lebih hemat) seperlima (atau 20 persen) dari solusi lain,” tutup Ismail.

BACA JUGA

Leave a Comment