Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Penulis Teguh Suyudi

Raksasa teknologi Cina, Huawei, sedang membangun kampus baru yang dirancang agar terlihat seperti tempat yang berbeda-beda di Eropa.

CNBC mengadakan tur ke lokasi kampus dengan luas sembilan kilometer persegi yang dapat menampung hingga 25.000 karyawan.

Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Sebuah bangunan di kampus Huawei, dengan luas sekitar sembilan kilometer persegi, yang berlokasi di Dongguan, Cina selatan. Bangunan-bangunan di kampus mengikuti model arsitektur dari berbagai bagian Eropa.

Kampus ini terbagi menjadi “kota-kota,” yang merupakan area tempat karyawan bekerja. Setiap kota diberi nama seperti kota di Eropa.

Ada Granada, sebuah kota di selatan Spanyol.

Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Bangunan ini mewakili arsitektur yang ditemukan di Granada di selatan Spanyol.

Kota-kota lain termasuk Paris di Perancis, Verona di Italia, dan Bruges di Belgia. Kampus-kampusnya masih dibangun.

Sejauh ini sudah 8 dari total 12 kota telah dibangun.

Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Bangunan-bangunan di kampus baru Huawei ini mewakili arsitektur yang ditemukan di Republik Ceko. “Kota” ini disebut “Cesky”, sebuah tempat di Republik Ceko.

Kampus ini terletak di daerah Cina selatan yang disebut Dongguan. Terletak di utara Shenzhen, lokasi markas Huawei saat ini.

Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Sebuah air mancur di tengah salah satu “kota” di kampus baru Huawei di Dongguan, Cina selatan.

Saat ini, 17.000 karyawan berada di kampus. Ada lebih dari 50.000 karyawan di kantor pusat Shenzhen di Huawei. Kampus Dongguan di Huawei sangat besar sehingga sebuah trem beroperasi untuk mengangkut karyawan yang ada di berbagai “kota”.

Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Kampus baru Huawei memiliki 12 “kota” yang terhubung oleh trem. Setiap kota dapat menampung sekitar 2.000 orang yang berarti seluruh kampus dapat menampung antara 24.000 hingga 25.000 orang.

Bahkan ada jembatan yang menghubungkan berbagai bagian kampus di sisi danau yang berbeda. Jembatan itu adalah replika Freedom Bridge di Budapest, Hongaria.

Melihat dari dalam kampus baru Huawei

Jembatan ini adalah replika atau Freedom Bridge yang ditemukan di Budapest, Hongaria. Trem yang melintasi kampus melintasi jembatan ini.

Ini adalah pertama kalinya Huawei membuka kampus barunya untuk diliput media asing.

Sumber: cnbc.com

BACA JUGA

Leave a Comment