Home Indeks Forti Pantau Mudik Bareng, Jasa Raharja Gunakan Teknologi Oracle

Pantau Mudik Bareng, Jasa Raharja Gunakan Teknologi Oracle

Pantau Mudik Bareng, Jasa Raharja Gunakan Teknologi Oracle

Tahun ini pemerintah melalui badan usaha milik negara (BUMN) kembali menggelar mudik bareng. Sedikitnya 3.897 bus dari 104 perusahaan negara akan mengantarkan 250 ribu pemudik ke 155 kota di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Jasa Raharja, BUMN yang menangani terkait asuransi kecelakaan, akan menjadi koordinator. Perusahaan ini sendiri mengerahkan 500 bus yang akan diberangkatkan dari Gelora Bung Karno (GBK) 30 Mei mendatang.

“BUMN yang lain sebagian mengirimkan perwakilannya untuk berangkat di hari itu, tapi ada juga yang memberangkatkan di hari yang lain, sebelum atau sesudah tanggal 30,” ujar Tri Haryanto, Wakil Presiden Eksekutif untuk ICT, Jasa Raharja.

Pemantauan kegiatan mudik bareng tersebut dilakukan menggunakan layanan Oracle Mobile Cloud Service untuk melihat berapa jumlah peserta mudik, berapa yang sudah diberangkatkan, di mana posisi bus, dan bagaimana situasinya. Termasuk untuk pendaftaran melalui satu website mudik.jasaraharja.co.id.

Pemantauan tersebut, menurut Tri, bukan pekerjaan mudah. Karena itu, pihaknya membutuhkan layanan teknologi informasi (TI) untuk mendukung program tersebut. Layanan Oracle Mobile Cloud memberikan solusi cloud yang hemat biaya dan cocok untuk program Mudik Bareng BUMN dikarenakan kebutuhan yang sangat beragaman dan musiman.

Baca: Jasa Raharja dan BUMN Jalin Kerja Sama Integrasi Data

“Program Mudik Bareng BUMN telah diterima dengan sangat baik selama ini oleh masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, selalu ada peningkatan jumlah pengikut perjalanan di situs publik kami. Oleh sebab itu, kami membutuhkan sebuah platform yang dapat mendukung pengumpulan data terkini semua anggota masyarakat yang terdaftar di program Mudik Bareng BUMN, kapan saja dan di mana saja, semuanya dalam waktu nyata melalui dashboard,” imbuh Tri Haryanto.

Sementara Davian Omas, Managing Director  Oracle Indonesia, mengaku senang dapat mendukung Jasa Raharja dalam usaha membuat program mudik pada musim Ramadan ini dapat berjalan lancar melalui dukungan platform cloud milik Oracle.

Pemilihan solusi cloud membawa sejumlah manfaat bagi organisasi, dan termasuk inisiatif berskala nasional seperti program ini dan skalabilitas serta efisiensi teknologi cloud yang sangat penting.

“Solusi Oracle yang modern, terintegrasi menghadirkan fungsionalitas dari hulu ke hilir secara mendalam dan memiliki kemampuan luas untuk mendukung sistem pendaftaran Mudik Bareng BUMN yang berarti meningkatkan skalabilitas situs,” ujar Davian.

Menurutnya, didorong keberhasilan program Mudik Bareng BUMN tahun lalu, Jasa Raharja akan terus menggunakan solusi platform cloud Oracle untuk melayani kondisi massa pada acara tahunan maupun musiman dan berencana untuk terus meningkatkan platform Oracle Cloud, terutama pada program Mudik Bareng BUMN di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here