Home Indeks Business Solution Faktor Ancaman Dari Media Sosial Yang Dapat Merusak Bisnis Anda

Faktor Ancaman Dari Media Sosial Yang Dapat Merusak Bisnis Anda

Bermain Video Game Bisa Memberi Anda Pekerjaan Yang Lebih
Ilustrasi: lingkungan kerja

“Media sosial adalah ancaman paling langsung terhadap reputasi perusahaan Anda,” kata Pete Knott, konsultan digital Lansons, konsultan manajemen reputasi.

“Jika tidak ditanggapi dengan serius, hal itu dapat dan akan secara langsung berdampak pada perusahaan Anda secara finansial dan budaya,” tambahnya.

Berita palsu, contohnya, tetap menjadi salah satu tantangan terbesar, meskipun ada tindakan keras oleh machine learning di jaringan seperti Facebook dan Twitter. Pada bulan Mei, misalnya, saham di Metro Bank Inggris anjlok 11% sebelum bisa menghilangkan rumor media sosial yang tidak akurat bahwa ia menghadapi kesulitan keuangan.

Beberapa Faktor Ancaman Dari Media Sosial Yang Dapat Merusak Bisnis AndaDan menurut Ilia Kolochenko dari perusahaan keamanan internet yang bermarkas di Jenewa, Immuniweb, konsekuensinya bisa jauh lebih buruk.

Seperti Menjatuhkan bom

“Peretas dapat menyebabkan kerusakan besar jika mereka dapat menemukan cara untuk mengirim berita palsu di media sosial,” katanya. “Bayangkan jika mereka berhasil meretas akun BBC dan memposting cerita tentang Iran yang menjatuhkan bom nuklir.”

“Efeknya bisa sangat menghancurkan, terutama jika jaringan berita lain mengambil berita itu.”

Beberapa Faktor Ancaman Dari Media Sosial Yang Dapat Merusak Bisnis Anda
Fake News vs Fakta (iStock)

Posting media sosial tidak harus tidak akurat untuk merusak merek Anda. Terkadang, kebenaran juga menyakitkan, Pada 2016, nilai pasar pabrikan baterai Samsung SDI anjlok lebih dari setengah miliar dolar ketika bos Tesla Elon Musk mengeluarkan tweet bahwa perusahaan itu bekerja sama dengan Panasonic pada mobil listrik berikutnya.

Jika tidak dipikirkan dengan baik, postingan anda sendiri juga dapat menyebabkan masalah, seperti yang ditemukan bank AS di awal tahun ini ketika dituduh “mempermalukan pelanggannya dengan buruk”. Mereka menerbitkan postingan yang menyarankan nasabahnya dengan saldo bank rendah menghemat uang dengan menghindari naik taksi dan membeli kopi.

Mencuri nama baik

Ancaman lain termasuk penipu mengambil nama merek Anda untuk melakukan tindakan yang merugikan.

“Penjahat kreatif sering mengeksploitasi nama-nama perusahaan besar untuk menjalankan penipuan media sosial,” kata Kolochenko.

“Misalnya, mereka mungkin membuat akun ‘Dukungan Amazon India’ di Twitter dan meminta pelanggan untuk menghubungi mereka tentang paket yang hilang untuk membayar biaya bea cukai.”

Dan bahkan postingan oleh pelanggan yang tidak dikenal dapat menimbulkan banyak kerusakan jika pengguna lain mengambilnya.

“Konsumen mengakui bahwa media sosial adalah cara yang sangat cepat untuk mendapatkan respons dari layanan pelanggan,” kata Claire Twohill, direktur media sosial di agensi PR global FleishmanHillard.

“Itulah sebabnya serangan media sosial sering berakibat langsung menimbulkan masalah dengan rantai pasokan, atau perubahan ke produk yang terkenal.”

“Tapi apa pun alasannya, kamu harus bereaksi cepat.”

 ‘Perencanaan sangat penting’

Masha Maksimava, wakil presiden di perusahaan pemantauan sosial Belorusia Awario, mengatakan: “Kunci manajemen reputasi online adalah menangani umpan balik negatif dengan cepat untuk mencegahnya berubah menjadi krisis.”

Jadi, sangatlah penting untuk membuat persiapan yang benar.

“Perencanaan sangat penting,” kata Lopa Ghosh, mitra rekanan di penyedia layanan profesional global EY. Namun, yang sama pentingnya adalah tidak bereaksi berlebihan.

“Anda tidak perlu bereaksi pada setiap tweet negatif,” kata Twohill.

Beberapa Faktor Ancaman Dari Media Sosial Yang Dapat Merusak Bisnis Anda
Ilustrasi Twitter Elon Musk

“Terkadang lebih baik tidak melakukan apa pun untuk menghindari menciptakan krisis tanpa alasan.”

Dengan kata lain, menemukan nada yang tepat adalah kuncinya.

Dan Anda mungkin dapat mengubah peristiwa sesuai keinginan Anda.

Aktivitas karyawan

“Jejaring sosial adalah tempat yang bagus untuk membangun kembali reputasi,” kata Knott.

“Jadi coba pikirkan bagaimana Anda bisa menggunakan respons Anda terhadap krisis untuk menunjukkan nilai-nilai perusahaan Anda dan menunjukkan sisi manusiawinya.”

Aktivitas karyawan adalah salah satu perangkap media sosial terbesar.

Beberapa Faktor Ancaman Dari Media Sosial Yang Dapat Merusak Bisnis Anda
Ilustrasi: Skandal Facebook Cambridge Analytica

Penjahat dunia maya, misalnya, sering menggunakan informasi yang diperoleh dari akun sosial karyawan untuk menyusup ke suatu organisasi. Richard Horne, mitra keamanan dunia maya di akuntan PwC, mengatakan: “Orang-orang mengungkapkan banyak hal tentang diri mereka di media sosial.

“Jadi penyerang dapat melihat profil seseorang, melihat mereka suka bermain ski dan mengirimi mereka tautan malware ke penawaran villa yang murah di Swiss.

“Ini adalah cara yang sangat umum untuk menginfeksi sistem perusahaan.”

Password and Post

Karena itu, tantangannya adalah mengelola bagaimana karyawan Anda menggunakan media sosial, tanpa melanggar hak-hak mereka.

“Anda tidak dapat memantau akun media sosial karyawan Anda – itu masuk ke wilayah yang secara etis tidak diperkenankan,” kata Ghosh.

“Sebaliknya, Anda harus mengedukasi mereka tentang kata sandi dan hal-hal apa yang mereka posting.”

Penting juga untuk menjelaskan tentang bagaimana mereka harus merespons – jika memang diharuskan – jika perusahaan sedang terlibat dalam krisis. (isnan/tis).

Sumber: bbc.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here