Warren Buffen Berulang Tahun ke-89, Ini 6 Kunci Suksesnya
CEO & Chairman Berkshire Hathaway Warren Buffett (foto: cnbc.com)

CEO Berkshire Hathaway dan miliarder, Warren Buffett berusia 89 tahun pada hari Jumat, 30 Agustus. Dia juga merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-13 bersama istrinya, Astrid.

Berikut enam nasihat yang terbaik.

Menikah dengan orang yang tepat

Buffett membuat kekayaannya melalui investasi yang cerdas, tapi jika Anda bertanya kepadanya tentang keputusan paling penting yang pernah dibuatnya, itu tidak ada hubungannya dengan uang. Keputusan terbesar dalam hidup Anda, kata Buffett, adalah siapa yang Anda pilih untuk dinikahi.

“Anda ingin bergaul dengan orang-orang yang Anda inginkan. Anda akan bergerak ke arah itu,” katanya selama percakapan 2017 dengan Bill Gates. “Dan orang yang paling penting dalam hal itu adalah pasanganmu.”

Itu saran yang dia berikan selama bertahun-tahun. Seperti yang dia katakan pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway 2009: “Menikahlah dengan orang yang tepat. Saya serius tentang itu. Itu akan membuat lebih banyak perbedaan dalam hidup Anda. Itu akan mengubah aspirasi Anda, semua hal. ”

Berinvestasi pada diri sendiri

“Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri,” kata Buffett di Yahoo Finance awal tahun ini.

Pertama, “belajarlah berkomunikasi lebih baik, secara tertulis maupun langsung.” Dengan mengasah keterampilan itu dapat meningkatkan nilai Anda setidaknya 50%, katanya dalam video Facebook yang diposting pada 2018.

Selanjutnya, jaga tubuh dan pikiran Anda – terutama ketika Anda masih muda. “Jika saya memberi Anda mobil, dan itu akan menjadi satu-satunya mobil yang Anda dapatkan seumur hidup Anda, Anda pasti akan menjaganya. Setiap goresan, Anda akan langsung memperbaikinya, Anda akan membaca buku manual-nya, Anda akan memiliki garasi dan melakukan semua hal ini,” katanya. “Anda mendapatkan satu pikiran dan satu tubuh di dunia ini, dan Anda tidak dapat mulai merawatnya ketika berusia 50 tahun. Pada saat itu, berarti Anda sudah mengabaikannya jika Anda belum melakukan apa-apa.”

Baca: 7 kesalahan keuangan yang tidak pernah dilakukan oleh para jutawan

Kaitkan diri Anda dengan ‘orang-orang kelas atas’

Siapa yang Anda asosiasikan dengan berbagai macam hal. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam hidup adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang lebih baik dari Anda,” katanya.

Jika Anda berada di sekitar “orang-orang kalangan terhormat dan berperi laku baik,” Anda akan mulai bertindak lebih seperti mereka. Sebaliknya, “Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang berperilaku lebih buruk daripada Anda, segera Anda akan mulai tertarik ke arah itu.”

Bekerja untuk orang yang Anda hormati

“Cobalah bekerja untuk siapa pun yang paling kamu kagumi,” kata Buffett. “Itu tidak akan menjadi pekerjaan yang Anda miliki 10 tahun kemudian, tetapi Anda akan memiliki kesempatan untuk mengambil sebanyak yang Anda bisa.”

Meski gaji merupakan faktor penting ketika memikirkan karier Anda, “Anda tidak dianjurkan mengambil pekerjaan hanya demi uang,” kata Buffett.

Dia pernah menerima pekerjaan dengan mentor dan pahlawannya, Benjamin Graham, bahkan tanpa bertanya tentang gaji. “Saya mengetahui hal itu pada akhir bulan ketika saya menerima gaji saya,” katanya.

Abaikan kebisingan

Berinvestasi bisa menjadi emosional, dan sifat emosional tidak membantu Anda untuk dapat memeriksa saham atau menonton berita.

Tapi tidak ada yang bisa memastikan ke arah mana pasar keuangan akan bergerak. Strategi terbaik, bahkan ketika pasar kelihatannya sedang naik turun, adalah mempertahankan berpikiran jernih dan tetap di jalur, kata Buffett.

“Terus terang, saya tidak memperhatikan apa yang dikatakan para ekonom,” katanya pada 2016. “Jika Anda melihat seluruh sejarah [ekonom], mereka tidak menghasilkan banyak uang dengan membeli dan menjual saham, tapi orang-orang yang membeli dan menjual saham mendengarkannya. Saya punya sedikit masalah dengan itu. ”

Keberhasilan tidak diukur dengan uang

Buffett secara konsisten adalah salah satu orang terkaya di dunia, tapi dia tidak menggunakan kekayaan sebagai ukuran kesuksesan. Baginya, semua bermuara pada jika orang-orang terdekat Anda mencintaimu.

“Diberikan cinta tanpa syarat adalah manfaat terbesar yang dapat Anda peroleh,” kata Buffett kepada siswa MBA dalam sebuah pidato 2008.

“Yang luar biasa tentang cinta adalah kamu tidak bisa menghilangkannya. Jika Anda mencoba untuk memberikannya, Anda mendapatkan dua kali lebih banyak, tapi jika Anda mencoba untuk mempertahankannya, hasilnya akan hilang. Ini adalah situasi yang luar biasa, di mana orang-orang yang benar-benar mendorong cinta keluar, akan mendapatkannya kembali sepuluh kali lipat. ”

Sumber: cnbc.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here