Diskominfo Kabupaten Gunungkidul Integrasikan Jaringan dan Data

Penulis Churry

Jakarta, Itworks- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul mematangkan rencana untuk mengintegrasikan seluruh jaringan dan data milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan Dinas Komunikasi dan Informatika melalui penguatan akses internet. Hal ini dibahasa dalam rapat koordinasi yang bertujuan untuk menyukseskan program-program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

Rapat awal tahun Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul yang berlangsung (16/1), di Komplek Setda Kabupaten Gunungkidul tersebut, dihadiri perwakilan dari OPD dan 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Di antaranya membahas integrasi jaringan dan data milik OPD dengan Dinas Komunikasi dan Informatika. Selain itu juga membahas peran strategis kecamatan sebagai penunjang utama akses internet pada wilayah kecamatan.

Kepala Dinas Kominfo, Kelik Yuniantoro dalam sambutannya sebagaimana dilansir dalam website resmi Diskominfo, menekankan perlunya terobosan-terobosan dan inovasi terhadap infrastruktur yang telah dibangun. Sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh ASN, namun juga oleh masyarakat luas. “Dengan telah dibangunnya Data Centre, yang dilanjutkan dengan integrasi server-server milik pemerintah, diharapkan kedepan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan efisien,” ujarnya.

Ditambahkannya pembangunan Data Centre dan intergrasi jaringan yang dilakukan juga memiliki tujuan agar perawatan server dapat menjadi lebih murah karena seluruh server berada didalam satu lokasi yang sama.

Sementara itu, Setiyo Hartato, Kepala Bidang Layanan Informatika Dinas Kominfo dalam paparannya menegaskan bahwa seluruh infrastruktur yang terpasang di kecamatan, bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo, namun kecamatan juga harus turut peduli dan memiliki tanggungjawab terhadap infrastruktur yang telah dibangun. Pengecekan pondasi tower secara rutin, dan pengecatan tower merupakan contoh perawatan yang dapat dilakukan oleh pihak kecamatan.

“Dengan demikian infrastruktur yang dibangun dalam kondisi baik dan akses internet tidak terganggu sehingga pelayanan masyarakat menjadi optimal. Apalagi saat ini untuk saat ini untuk daerah pedesaan kecamatan merupakan pusat jaringan internet bagi Puskesmas, Desa, dan UPT di kecamatan tersebut,” ujarnya. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment