Inovasi Menghadapi Covid-19: Mobile Chamber Untuk Desinfeksi Seketika

Penulis Teguh Suyudi

Pakar Vietnam telah menciptakan seperangkat Mobile Chamber (kamar yang dapat dipindahkan) untuk membersihkan seluruh tubuh mereka yang bekerja di daerah yang terinfeksi virus corona.

Satu ruang berfungsi untuk menyemprotkan aktivasi elektro-kimia, atau air elektrolisis dalam bentuk embun dan yang ruang lainnya memberikan panas dan ozon di seluruh tubuh setiap orang. Setiap ruang memiliki lebar satu meter dan tinggi dua meter dan dapat dipindahkan. Diproduksi oleh elektrolisis air keran biasa yang mengandung natrium klorida terlarut, air elektrolisis dikatakan aman untuk manusia, bahkan dapat membersihkan sistem pernapasan.

The National Institute of Occupational and Environmental Health and the Hanoi University of Science and Technology telah membuat Mobile Chamber untuk mendisinfeksi orang yang secara langsung mengobati atau bekerja dengan pasien Covid-19.

Sistem ini terdiri dari dua kamar. Satu semprotan air elektrolisis dalam bentuk tetesan dan lainnya mengarahkan panas dan ozon ke tubuh orang tersebut. Diproduksi dengan mengelektrolisis air ledeng biasa yang mengandung natrium klorida terlarut, yang bahkan dapat membersihkan sistem pernapasan.

Doan Hong Hai, kepala institut, mengatakan institut memutuskan untuk membuat kamar itu setelah Covid-19 berkembang dengan cepat dengan lebih banyak pasien tetapi mereka yang secara langsung bekerja di daerah di mana infeksi terdeteksi atau diobati tidak memiliki cara untuk membersihkan seluruh tubuhnya.

Sistem tersebut, menurut Hai dan tim peneliti, dapat mensterilkan hingga 99,99 persen dari virus, yang memiliki ukuran sepersepuluh dari lebar rambut manusia, yang mungkin masih bertahan di permukaan, baik itu pakaian, sepatu , atau tas. Komponen utama bilik basah ini adalah penyemprot kabut kabut 360 derajat, dikombinasikan dengan sensor inframerah yang dipasang di dalam bilik yang secara otomatis mengaktifkan proses penyemprotan desinfeksi begitu seseorang masuk.

Komponen utama dari kamar basah adalah penyemprot kabut dan embun 360 derajat dan sensor inframerah yang secara otomatis mengaktifkan penyemprotan ketika seseorang masuk.

Ruang kering menggunakan panas dan ozon pada tingkat yang diizinkan untuk memastikan keamanan bagi orang yang didesinfeksi. Dibutuhkan masing-masing 30 detik untuk menyelesaikan satu putaran desinfeksi di setiap kamar, yang berukuran selebar satu meter dan dua meter dan dapat dipindah-pindahkan.

Seluruh sistem dirancang dan diproduksi menggunakan teknik dan produk Vietnam. Lembaga dan universitas belum mengeluarkan biaya produksi untuk sistem tersebut, tetapi diperkirakan sistem tersebut dapat mendisinfeksi hingga 1.000 orang per hari.

Vietnam telah mencatat 49 kasus Covid-19 sejauh ini, dan 16 di antaranya telah dipulangkan minggu lalu. Wabah Covid-19 sejauh ini telah menyebar ke 145 negara dan wilayah di seluruh dunia, dengan jumlah korban jiwa meningkat menjadi lebih dari 5.400.

BACA JUGA

Leave a Comment