Negara Ini Larang Lembaga Pemerintah Gunakan Aplikasi Zoom

Penulis redaksi

Penggunaan aplikasi konferensi video, seperti Zoom mulai mendapat penentangan. Adalah pemerintah Taiwan, melalui Departemen Keamanan Cyber negara tersebut telah melarang semua lembaga pemerintah dan organisasi non-pemerintah untuk tidak menggunakan hardware, software, dan layanan konferensi video yang menimbulkan resiko keamanan informasi, seperti Zoom.

“Berdasarkan undang-undang Manajemen Keamanan Cyber yang mulai berlaku pada tahun 2019, lembaga pemerintah, ketika memillih sistem informasi dan komunikasi, harus memberi prioritas pada hardwar/software dan layanan yang berasal dari dalam negeri atau yang disediakan oleh penyedia layanan yang dikontrak pemerintah,” demikian penjelasan resmi Departemen Keamanan Cyber di Taiwan, seperti dilansir DigiTimes.

Lebih lanjut dikatakan, produk alternatif yang ditawarkan oleh vendor internasional, termasuk Microsoft Teams, Google Kangouts Meet, dan Cisco WebEx juga dapat diadopsi.

Untuk Zoom, aplikasi ini disebut mengalami peningkatan drastis pada bulan Maret 2020 dari sektiar 10 juta pengguna pada Desember 2019 sebelum wabah virus corona.

Sayangnya, seiring popularitasnya yang mencuat, Zoom disinyalir memiliki celah keamanan. Check Point telah menemukan celah keamanan informasi di Zoom pada Januari 2020. Sementara itu, Zoom juga sempat diterpa isu miring soal data penggunanya yang dibocorkan ke Facebook. (Fauzi)

Image Credit: Getty Image

BACA JUGA

Leave a Comment