JSC Talks Bahas Platform KSBB Permudah Donasi

Penulis Churry

Jakarta, ItWorks- Dalam upaya menguatkan semangat kebersamaan warga Jakarta pada masa yang sulit ini, Aplikasi Jakarta Smart City (JSC) baru-baru ini mengadakan JSC Talks dengan mengangkat topik “Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB)”. KSBB merupakan platform donasi berbasis daring yang disediakan Pemprov DKI Jakarta dan ditujukan untuk warga yang membutuhkan.

JSC Talk dilakukan secara virtual dengan menghadirkan beberapa nara sumber. Dimoderatori Awidya Firdaus Saharini, Product Trainer JSC, dua pembicara yakni Kepala Satuan Pelaksana Pengembangan Sistem JSC, Rahan Yama Gusta, dan Senior System Analyst Divisi Information Technology Development JSC, Rizky Nuryandi.

Sebelumnya JSC juga memperkenalkan platform corona.jakarta.go.id, di mana platform KSBB ini juga merupakan salah satu fitur yang bisa diakses dari situs ini. Sebagaimana dilansir dalam portlal web resmi JSC, kedua pembicara mengajak atau mengenalkan metode dan mekanisme pengiriman donasi melalui platform KSBB.

Menurut Rahan Yama Gusta, KSBB berawal dari kebutuhan akan tujuan donasi yang jelas. Hal ini karena terkadang warga berniat berdonasi, namun tidak tahu harus ke mana, atau kurang yakin dengan tujuan donasinya. “Melalui Platform KSBB, calon pemberi bantuan dapat mengetahui dengan jelas ke mana donasi bakal diberikan serta siapa yang akan menerimanya. Memilih tujuan donasi jadi lebih mudah, karena semua informasi tentang calon penerima, dari RW prioritas, panti, hingga jumlah keluarga yang terdampak, tersaji di situs corona.jakarta.go.id,” ujarnya.

Disebutkan, KSBB tidak hanya menerima donasi dalam jumlah besar, bantuan jumlah kecil pun diterima. Berkolaborasi dengan lembaga-lembaga pengelola dana seperti Baznas DKI Jakarta dan Aksi Cepat Tanggap (ACT), KSBB dapat menampung donasi tunai. Dananya akan ditukarkan dengan sembako atau makanan siap saji untuk didistribusikan kepada penerima. Selanjutnya, bantuan yang telah ditampung bakal dikoordinasikan oleh penyalur dana, sehingga dapat membantu distribusinya kepada RW atau panti penerima bantuan.

Misalnya seorang donatur berniat mengirim bantuan dalam jumlah tertentu, donasinya bisa ditampung oleh pengelola dana, lalu penyalur dana akan membantu menemukan RW atau panti yang membutuhkan bantuan dalam jumlah tersebut. Tapi kalau memilih untuk mengkoordinasikan semuanya sendiri, itu juga diperbolehkan. Melalui Platform KSBB, donator bisa mendapat info kontak pihak bersangkutan yang dapat langsung dihubungi. Terdapat empat jenis paket bantuan yang bisa dipilih, masing-masing sudah dihitung sesuai kebutuhan setiap keluarga per minggu atau seorang per hari. “Satu pelajaran yang kita dapatkan [dari mengelola Platform KSBB] adalah masih banyak orang baik di Jakarta. Dan saya harap kita juga bagian dari itu,” ujarnya

Cara Gunakan Platform KSBB di corona.jakarta.go.id

Sementara itu, Rizky Nuryandi memaparkan cara menggunakan situs Platform KSBB dengan demonstrasi langsung. Seperti disebutkan sebelumnya, Platform KSBB dapat diakses dalam website corona.jakarta.go.id di bawah menu Kolaborasi. Di bawah menu tersebut terbagi menjadi dua sub-menu, yaitu Informasi KSBB dan Platform KSBB. Pada laman informasi, pengguna bisa membaca tata cara kolaborasi, referensi jenis paket bantuan, serta daftar informasi aggregator atau pengelola dana.

Untuk memulai proses donasi, terlebihdulu harus membuka laman Platform KSBB. Laman ini berisi peta digital Jakarta, opsi pilihan wilayah dan jumlah target sasaran di sebelah kiri, serta jumlah total target sasaran di sebelah kanan. Dengan kedua fitur ini bisa menyempitkan tujuan donasimu berdasarkan wilayah atau jumlah kepala keluarga (KK). Di atas kanan peta juga ada tombol layer yang jika dicentang bisa memunculkan titik-titik lokasi RW prioritas, panti, atau pesantren sasaran. Ketika ditekan pada peta, rincian mengenai RW, panti, atau pesantren yang dipilih akan segera muncul, dari jumlah KK hingga nama Ketua RW. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment