Tingkatkan Daya Saing UMKM, Bukalapak Lengkapi Pelapak dengan Fitur Canva

Penulis Fauzi

Bukalapak menggandeng Canva, platform desain asal Australia, penyedia fitur khusus yang dapat memudahkan para pelapak menambahkan berbagai elemen desain pada foto produk ketika hendak diunggah ke lamannya sehingga terlihat semakin menarik dan profesional. Hal ini dilakukan Bukalapak demi mendukung peningkatan daya saing pelaku UMKM di tengah pandemi, di mana antusiasme masyarakat terhadap transaksi online meningkat.

Fitur ini dinamakan “Mempercantik Gambar dengan Canva” dan dapat digunakan di Seller Center secara gratis. Bukalapak adalah platform pertama yang menambahkan sarana ini sebagai bagian dari fitur platformnya di Indonesia.

Kurnia Rosyada, VP Marketplace Bukalapak mengatakan, “Gambar produk tentunya memegang peranan penting dalam strategi pemasaran karena bisa membantu menarik sebanyak-banyaknya pelanggan. Melalui fitur ini, kami berharap dapat membantu 6 juta Pelapak kami untuk terus meningkatkan penjualan, terutama di momen seperti sekarang di mana pemenuhan kebutuhan melalui platform online menjadi bagian dari tatanan hidup baru.”

Bukalapak sendiri mencatat kenaikan transaksi hingga 25% di semester pertama tahun ini dibandingkan dengan semester pertama tahun sebelumnya. Di awal Pandemi pada bulan Maret hingga Juni, produk kesehatan, alat penunjang kesehatan serta alat pendukung bekerja dari rumah menjadi produk yang paling banyak dicari oleh pelanggan di Bukalapak.

Kategori fashion dan makanan serta barang – barang pokok menjadi kategori produk yang paling banyak dicari beberapa bulan belakangan ini. Selain itu, tentunya kategori makanan, produk kesehatan, barang rumah tangga dan hobi menjadi kategori produk yang paling diminati diikuti dengan sepeda dan motor yang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Seiring dengan tren transaksi online yang meningkat, kami ingin para Pelapak kami dapat memanfaatkan tren ini dengan daya saing bisnis yang terus berkembang”, tambah Kurnia.

Kolaborasi ini juga bagian dari strategi Bukalapak untuk mewujudkan misinya, yaitu menciptakan “A Fair Economy for All”, di mana seluruh pelaku UMKM Indonesia dapat mengoptimalkan platform Bukalapak untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya melalui teknologi. Hal ini meliputi dukungan di aspek logistik, metode pembayaran, modal usaha, investasi, produk virtual, hingga peningkatan kemampuan bisnis melalui program pelatihan dan pemberdayaan.

Untuk terus mengajak pelaku UMKM dalam negeri memanfaatkan Bukalapak untuk berjualan, Bukalapak senantiasa menjaga jumlah kategori yang cukup pada SKU yang ditawarkan dan secara aktif menjamin harga terbaik bagi para pengguna. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment