iPad Air Baru Resmi Diperkenalkan, Usung Chip A14 Bionic

Penulis Fauzi

Jajaran tablet terbaru Apple akhirnya resmi diperkenalkan, satu di antaranya adalah iPad Air terbaru yang membawa sejumlah peningkatan.

iPad Air terbaru datang dengan desain segar yang terinspirasi dari tampilan iPad Pro dengan bezel lebih kecil dan menggunakan port USB-C bukan lagi port lightning.

iPad Air dikemas dengna layar 10.9 inci Luquid Retina dan menawarkan resolusi 2360 x 1640 piksel. Tombol touched sudah terintegrasi di tombo power yang kini dipasang di atas.

Masih tentang iPad Air terbaru untuk mendukung kinerjanya tablet anyar Apple ini ditenagai oleh chipset A14 Bionic yang juga baru. Chip A14 Bionic dibuat dengan proses pabrikasi 5nm, dan menjadi yang pertama di industri dengan pencapaian tersebut.

Lebih detil lagi, chip tersebut memiliki CPU 6-core dengan dua core berkinerja tinggi sementara empat core lainnya memiliki efisiensi tinggi. Alhasil secara kinerja, iPad Air terbaru akan meningkat 40% dibanding seri sebelumnya, sementara GPU-nya juga akan lebih cepat 30%.

Di sektor alat bidik momen, iPad Air terbaru dibekali kamera belakang 12 MP f/1.8 yang sudah mendukung perekaman video 4K at 60fps, 240fps slow-mo, dan video stabilization yang telah ditingkatkan. Untuk selfie, perangkat ini disokong oleh kamera depan 7MP f/2.0. Perangkat telah membenamkan Wi-Fi 6 dan dual speaker, serta mendukung Apple Pencil.

Mengutip informasi dari laman GSMarena, iPad Air disebut menjalankan iPadOS 14 dan akan tersedia dengan varian warna silver, space gray, rose gold, green, dan sky blue dengan harga $599 (Wi-Fi-only) atau $729 (Wi-Fi + seluler) dengan media penyimpan 64GB. Selain itu, perangkat juga akan tersedia dengan varian 256GB dengan harga berkisar $749 atau $879. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment