Anchanto, perusahaan teknologi (SaaS) di sektor e-commerce dan logistik yang berpusat di Singapura, baru saja merayakan hari jadi ke-10 tahun, bersamaan dengan langkah ekspansi agresifnya di tengah pertumbuhan pesat e-commerce dan logistik.
Keputusan Anchanto melakukan perubahan strategi pada 2017 dan bertransformasi menjadi perusahaan jasa Saas B2B menjadikan Anchanto sebagai perusahaan teknologi yang turut mengantongi berkah dari pertumbuhan ekonomi digital di pasar Asia Tenggara.
Tahun 2021 merupakan tahun dengan rekor pertumbuhan bisnis bagi Anchanto. Di tahun ini, Anchanto mencatat peningkatan volume pesanan sebanyak 3 kalilipat dibandingkan tahun 2020 di platform manajemen pesanan (order management) dan manajemen gudang (warehouse management). Kenaikan volume ini menunjukkan peningkatan sebesar 85% secara tahunan dengan volume pesanan sebanyak 1,65 pesanan yang mampu diproses dalam 24 jampada momen belanja online 9 September (9:9). Anchanto memprediksi akan memecahkan rekor baru dengan memproses lebih dari 4 juta pesanan pada periode momen belanja online 11:11 dan 12:12.
Dalam keterangannya, 26/10/2021, Vaibhav Dabhade, Founder dan CEO Anchantomengatakan, “Perusahaan terus menerima dukungan kuat dari para investor. Yang menarik, empat investor Anchanto adalah pelanggan yang kemudian tertarik berinvestasi di Anchanto.”
Tahun lalu, Anchanto menyelesaikan putaran pendanaan Seri C dan berhasil mendapatkan pendanaan sebesar S$ 16,6 juta yang dipimpin oleh perusahaan layanan logistic e-commerce lintas Eropa, Asendia. Perusahaan telekomunikasi BUMN PT Telkom Indonesia juga turut berpartisipasi dalam pendanaan seri C. Telkom lewat anak usahanya MDI Ventures telah berinvestasi di Anchanto sejak 2018. Hingga saat ini, Anchanto telah mengumpulkan total pendanaan sebesar US$ 27,2 juta yang digunakan untuk memperkuat portofolio penelitian dan pengembangan, serta memajukan infrastruktur teknologi ecommerce.
Baca: Tingkatkan Efisiensi Bidang Logistik, Kioson Bentuk Anak Usaha Baru GudangPintar.id
Saat ini Anchanto telah menggaet ratusan perusahaan menengah dan perusahaan berskala global, termasuk tiga perusahaan Fortune-500. Dengan jaringan di wilayah Asia Pasific, Anchanto kini melayani klien global semisal Panasonic, Lóréal, DHL e-commerce, Asendia Asia, Fossil, HP, POS Malaysia, Decathlon, GreatDeals, Luxasia, DKSH dan masih banyak lagi.
Anchanto juga menggandakan jumlah personel tim dalam waktu kurang dari satu tahun selama masa pandemi. Saat ini Anchanto memiliki tenaga kerja sebanyak 265 karyawan yang tersebar di sembilan negara di seluruh kawasan sia Pasifik.
Setelah meraih sukses di wilayah Asia Pasifik (APAC), Anchanto berencana untuk memperluas ekspansinya secara global. Dengan kehadiran yang kuat di pasar Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Vietnam dan Australia, Anchanto akan segera mengumumkan rencana ekspansinya ke pasar baru.
Sebagai bagian dari rencana ekspansi bisnis, Anchanto juga bekerja sama dengan perusahaan global dan regional untuk meluncurkan produk baru dan inovatif yang fokus menawarkan produk untuk membantu perusahaan e-commerce menyederhanakan operasional bisnis mereka.
Anchanto berencana meluncurkan produk terbaru berbasis data pada tahun depan, yang akan membantu ecommerce mengakses informasi berbasis analisis untuk meningkatkan kemampuan dan menyederhanakan operasi omni-channel mereka.
Selain itu, Anchanto juga tengah memulai pengembangan produk baru untuk perusahaan logistik global. Produk terbaru ini akan melengkapi layanan Anchanto yang sudah ada seperti platform manajemen pesanan SelluSeller dan sistem manajemen gudang Wareo.
Anchanto dianugerahi sertifikasi ISO 27001 pada awal tahun ini, sertfikasi keamanan standar internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi. Sertifikasi ini menunjukkan dedikasi Anchanto dalam melindungi keamanan data pelanggan dan kemampuannya dalam manajemen keamaan informasi yang efektif dalam skala besar.
Baca: Anchanto Singapura Meraih Investasi US$ 4 Juta Melalui MDI Ventures














