Telkomsel mencatat kenaikan trafik internet saat periode Natal dan Tahun Baru 2023. Anak perusahaan Telkom Indonesia ini mencatat trafik layanan data naik 11,6 persen dibandingkan rata-rata hari biasa pada tahun 2022. Jika dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru 2022, kenaikan layanan data sebesar 13 persen. Total layanan data Telkomsel mencapai 49,8 petabita pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023.
Telkomsel mencatat lonjakan layanan internet disebabkan akses media sosial (11,9 persen), pesan instan (35,7 persen), streaming video (6,1 persen), game (23,9 persen) dan peramban (79,8 persen). Sementara, penggunaan e-commerce turun 0,3 persen pada libur Natal dan Tahun Baru.
Aplikasi yang menyumbang kenaikan trafik layanan internet adalah WhatsApp (naik 32,9 persen), TikTok (11,3 persen), Instagram (24,6 persen), Facebook (6,5 persen) dan YouTube (turun 0,9 persen).
Kenaikan juga terjadi di layanan SMS sebesar 10,5 persen. Sementara layanan suara turun sekitar 4,1 persen.
Penggunaan internet terbanyak selama musim libur Natal dan Tahun Baru berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (15,7 persen); Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (41,7 persen); Kabupaten Bandung, Jawa Barat (15,3 persen); Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (15,22 persen) dan Kota Bekasi, Jawa Barat (11,06 persen).
Wakil Direktur Komunikasi Korporat Telkomsel Saki Hamsat Bramono dalam keterangannya, 04/01/2023, mengatakan,”Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan.”
Selama periode libur Natal dan Tahun Baru, Telkomsel mengintegrasikan 25.000 menara BTS 4G/LTE, mengerahkan 61 BTS bergerak dan menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 GBps. Serta melakukan optimalisasi cakupan jaringan pada lebih dari 196.000 BTS dan memantau jaringan selama 24 jam.
Baca: Telkomsel Rilis Paket GamesMAX Booster, Harga Mulai Rp5.000