Tokopedia berkolaborasi dengan TikTok meluncurkan kampanye Beli Lokal yang bertepatan dengan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 tahun ini.
“Kampanye ini menjadi kolaborasi pertama Tokopedia dan TikTok yang bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk mendapat panggung lebih luas,” kata Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan, Jumat (26/1/2024).
Berkaca pada Harbolnas 12.12 tahun lalu, animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal berdampak positif pada penjualan UMKM di Tokopedia. Terdapat beberapa produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal Tokopedia pada momen 12.12 tahun lalu, antara lain produk kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan-minuman, dan rumah tangga.
Sejumlah brand lokal di bidang fesyen yang ada di Tokopedia juga mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat pada kampanye Beli Lokal 12.12 jika dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian pada November 2023.
Tokopedia juga mencatat adanya kenaikan rata-rata transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia hampir 19 kali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal 12.12 dibandingkan dengan transaksi harian bulan sebelumnya.
Menurut Aditia, tren positif transaksi ini tetap berlanjut setelah momen Harbolnas. Sebagai contoh, Tokopedia mencatatkan kenaikan rata-rata transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh sebanyak 62 kali lipat pada kampanye Beli Lokal periode 13 Desember 2023 sampai 10 Januari 2024, dibandingkan dengan rata-rata transaksi bulan November 2023.
Tokopedia bersama TikTok juga berkomitmen untuk memberi manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia lewat berbagai program: mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan kapasitas dan akses sumber daya untuk produsen barang serta penjual dan memberi dukungan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan bagi para pelaku UMKM.