PT Bank Tabungan Negara Tbk agresif dalam mengelar transformasi digital. Beberapa inisiatifnya pun memperlihatkan keseriusan bank BUMN ini menggarap teknologinya.
Di Maret 2024 , BTN melakukan pemutakhiran tiga fitur baru yang tersedia di BTN Mobile, antara lain pembukaan rekening baru, auto-debit transaksi rutin bulanan, serta penambahan layanan jasa kebutuhan harian pada fitur lifestyle.
Penambahan fitur ini sejalan dengan kinerja mengkilap BTN Mobile yang secara konsisten terus meningkat. Di 2023, tahun pertama BTN Mobile sebagi super apps, jumlah transaksinya melonjak di atas 142% secara tahunan, yang diikuti oleh peningkatan volume transaksi sebesar 53% secara tahunan.
Tahun 2024 ini, Direktur Information Technology BTN Andi Nirwoto menegaskan pihaknya akan lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi dan pemasaran produk Bank lewat BTN Mobile.
“Inovasi baru diperlukan untuk semakin memudahkan nasabah. BTN Mobile akan terus meningkatkan inovasi dengan menghadirkan beragam fitur teranyar pada Super Apps BTN Mobile yang siap memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia” ujar Andi dalam siaran pers, Kamis (14/3/2023).
Dengan fitur baru, kini nasabah dapat dengan mudah dan cepat melakukan proses pembukaan rekening baru via Super Apps BTN Mobile dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu datang ke Kantor Cabang. Prosesnya pun lebih singkat karena verifikasi nasabah dilakukan dengan teknologi e-KYC Liveness.
Sementara, fitur auto debit transaksi bulanan akan memudahkan nasabah melakukan transaksi pembayaran pembelian secara terjadwal. Contohnya, pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon, serta tagihan internet dan TV.
Nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi pembelian yang dijadwalkan secara harian maupun bulanan khususnya untuk transaksi pembelian pulsa dan paket data, top up e-wallet serta pembelian voucher elektronik, dan seluruh fitur tersebut dilengkapi dengan laporan transaksi yang lengkap dan informatif.
Menghadirkan fitur Lifestyle, Super Apps BTN Mobile kini lebih lengkap. Jika sebelumnya telah ada fitur Tiket Kereta yang bekerja sama dengan PT. KAI, Asuransi dan Service AC, saat ini fitur lifestyle hadir dengan layanan yang lebih lengkap yaitu dengan adanya fitur baru berupa pemesanan jasa layanan Daily Cleaning dan Massage.
Sebaran area untuk pemesanan Jasa Layanan Daily Cleaning dan Massage ini tidak hanya terbatas di area Jabodetabek saja namun juga di beberapa daerah lain yang tersebar seluruh Indonesia.