Pembaruan perangkat lunak mendatangkan malapetaka pada sistem komputer secara global pada hari Jumat, 19/07/2024, memaksa sejumlah lembaga penyiaran berhenti mengudara dan berdampak pada layanan perbankan hingga layanan kesehatan.
Pembaruan pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan keamanan siber global CrowdStrike tampaknya menjadi pemicunya, sehingga memengaruhi pelanggan yang menggunakan Sistem Operasi Windows Microsoft. Microsoft mengatakan pada hari Jumat bahwa masalah tersebut telah diperbaiki.
CEO CrowdStrike George Kurtz mengatakan di platform media sosial X bahwa perusahaannya “secara aktif bekerja dengan pelanggan yang terkena dampak cacat yang ditemukan dalam satu pembaruan konten untuk host Windows” dan perbaikan sedang dilakukan.
“Ini bukan insiden keamanan atau serangan siber,” kata Kurtz dalam postingannya.
Pada Jumat pagi, maskapai penerbangan besar AS – American Airlines, Delta Airlines, dan United Airlines – menghentikan penerbangan, sementara maskapai penerbangan dan bandara lain di seluruh dunia melaporkan penundaan dan gangguan.
Bank dan perusahaan jasa keuangan mulai dari Australia hingga India dan Jerman memperingatkan pelanggan akan gangguan tersebut dan pedagang di seluruh pasar berbicara tentang masalah dalam pelaksanaan transaksi.
Di Inggris, sistem pemesanan yang digunakan oleh dokter sedang offline, menurut beberapa laporan yang diposting di X oleh pejabat medis.
Sementara Sky News, salah satu stasiun berita utama di negara itu tidak mengudara, meminta maaf karena tidak dapat menyiarkan secara langsung, dan klub sepak bola Manchester United mengatakan di platform X bahwa mereka harus menunda jadwal perilisan tiket.
Unit cloud Microsoft, Azure, mengatakan pihaknya menyadari masalah yang berdampak pada mesin virtual yang menjalankan OS Windows dan agen CrowdStrike Falcon terjebak dalam “keadaan memulai ulang”, di tengah pemadaman global yang sedang berlangsung.
“Kami menyadari adanya masalah yang mempengaruhi perangkat Windows karena pembaruan dari platform perangkat lunak pihak ketiga. Kami mengantisipasi penyelesaian akan segera terjadi,” kata juru bicara Microsoft.
Dalam peringatan kepada klien yang dikeluarkan pada pukul 05.30 GMT pada hari Jumat, CrowdStrike mengatakan perangkat lunak “Falcon Sensor” miliknya menyebabkan Microsoft Windows mogok dan menampilkan layar biru, yang secara informal dikenal sebagai “Blue Screen of Death”. CrowdStrike juga membagikan solusi manual untuk memperbaiki masalah ini.
Lebih dari separuh perusahaan Fortune 500 menggunakan perangkat lunak CrowdStrike, kata perusahaan AS itu dalam video promosi tahun ini.
“Ini adalah gambaran yang sangat, sangat tidak mengenakkan mengenai kerapuhan infrastruktur inti Internet dunia,” kata Ciaran Martin, Profesor di Sekolah Pemerintahan Blavatnik Universitas Oxford dan mantan kepala Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris.
Padamnya Jaringan Siber Terjadi Secara Luas
Bandara-bandara di Singapura, Hong Kong dan India mengatakan pemadaman ini berarti beberapa maskapai penerbangan harus melakukan check-in penumpang secara manual.
Bandara Schiphol di Amsterdam, salah satu bandara tersibuk di Eropa, mengatakan pihaknya terkena dampaknya, sementara maskapai penerbangan Iberia mengatakan pihaknya telah beroperasi secara manual di bandara sampai konter check-in elektronik dan check-in online diaktifkan kembali. Dikatakan ada beberapa penundaan tetapi tidak ada pembatalan penerbangan.
Air France-KLM mengatakan operasinya terganggu.
Kementerian Luar Negeri Belanda mengatakan kepada kantor pers Belanda ANP bahwa mereka terkena dampaknya. Seorang juru bicara tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.
Meskipun ada laporan bahwa perusahaan-perusahaan secara bertahap memulihkan layanan mereka, para analis mempertimbangkan potensi dari apa yang disebut sebagai padamnya jaringan siber terbesar yang pernah terjadi di industri dan perekonomian secara lebih luas.
“Semua alat keamanan TI dirancang untuk memastikan bahwa perusahaan dapat terus beroperasi dalam skenario terburuk pelanggaran data, sehingga menjadi akar penyebab pemadaman TI global adalah bencana yang tidak dapat dimitigasi,” kata Ajay Unni, CEO StickmanCyber, salah satu perusahaan layanan keamanan siber terbesar di Australia.
Sumber: Reuters