ItWorks- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berupaya melibatkan masyarakat dalam proses perbaikan pelayanan publik. Salah satunya dengan menyelenggarakan sosialiasi aplikasi LAPOR! Goes To Campus sebagai menjadi sarana pengenalan kanal pelaporan pengaduan pelayanan public ini.
Aplikasi LAPOR merupakan portal layanan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan langsung secara online. LAPOR atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR! merupakan layanan pengaduan berupa aplikasi yang terdiri dari aplikasi berbasis website serta aplikasi yang berbasis Android dan iOS.
“Kami mengajak seluruh mahasiswa untuk mengenal lebih dalam bagaimana LAPOR! dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mendukung terciptanya pelayanan publik yang lebih baik,” ujar Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Abdul Hakim, saat membuka LAPOR Goes To Campus, di Universitas Udayana, (17/09/2024) dilansir Humas KemenPANRB dalam portal web resminya, baru-barua ini.
Diharapkan dengan kegiatan LAPOR! Goes To Campus dapat menambah pemahaman mahasiswa tentang pentingnya keterlibatan masyarakat, khususnya generasi muda, dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan demikian akan mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih transparan.
Berdasarkan data usia pelapor, masyarakat yang paling banyak menggunakan LAPOR! ialah mereka yang berada pada rentang usia 20-34 tahun yakni sebesar 42 persen. Sementara terbanyak kedua ialah pengguna yang berusia dibawah 20 tahun sebesar 25 persen. Hal ini menunjukkan terdapat partisipasi aktif pemuda dalam peningkatan kualitas pelayanan publik melalui LAPOR!.
Kendati demikian Hakim menuturkan bahwa peningkatan jumlah pengguna LAPOR! masih perlu terus ditingkatkan mengingat jumlah pengguna LAPOR! masih 1,8 juta user. Jumlah tersebut masih relatif sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 273,88 juta jiwa per 31 Desember 2021.
Dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Udayana Ngakan Putu Gede Suardana yang sambutannya dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Universitas Udayana I Putu Gede Adiatmika menyampaikan, aplikasi LAPOR! merupakan wujud pemerintahan yang transparan.
Peran mahasiswa bisa memanfaatkan serta mempromosikan LAPOR!. Dimana partisipasi sangat penting dan bermakna untuk kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Universitas Udayana sendiri telah terhubung LAPOR! sejak tahun 2018. Pengaduan yang masuk paling banyak di tahun penerimaan mahasiswa baru.
“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PANRB yang telah memilih Universitas Udayana sebagai lokasi sosialisasi LAPOR! Goes To Campus, dimana mahasiswa diberi peran dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” katanya.
Sementara itu Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya yang sambutannya dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bali Gede Pramana menegaskan, kolaborasi dalam sektor pelayanan publik antara pemerintah pusat dengan daerah harus terus ditingkatkan.
Dengan kolaborasi berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan hal tersebut merupakan bentuk komitmen kita bersama melalui aplikasi LAPOR!. Hadirnya transformasi digital pada pelayanan publik harus dimanfaatkan guna menjawab kebutuhan masyarakat. (AC)