ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Bingung Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Multipolar Technology Tawarkan Solusi IBM Event Automation

Teguh Imam Suyudi
25 September 2024 | 15:00
rubrik: Business Solution
Jip Ivan selaku Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk

Jip Ivan, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology, menjelaskan cara meningkatkan kepuasan pelanggan lewat solusi IBM Event Automation kepada para peserta seminar Revolutionizing Business Insights with Event Automation yang digelar di Jakarta, Kamis (19/9/2024). (Foto: Dok. MultipolarTechnology)

Share on FacebookShare on Twitter

Pertumbuhan data digital yang eksponensial telah mengubah lanskap bisnis. Setiap harinya, perusahaan menghasilkan begitu banyak informasi berupa data dalam bentuk event dari berbagai aktivitas pelanggan, seperti klik website, transaksi online, dan interaksi dengan aplikasi. Data ini menyimpan potensi besar untuk dapat mengenal pelanggan lebih personal, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Untuk itu, dibutuhkan solusi yang mampu mengelola seluruh event secara efisien demi meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya memaksimalkan potensi pendapatan perusahaan. Tapi, bagaimanakah caranya?

“Bayangkan saat pelanggan mencari tiket penerbangan, dengan pengelolaan event yang tepat, maka perusahaan e-commerce dapat memaksimalkan potensi penjualan melalui rekomendasi hotel dan destinasi terdekat atau fasilitas populer lainnya di daerah yang dituju lengkap dengan promonya. Promo ini bisa bekerja sama dengan hotel atau penyedia kartu kredit,” tutur Jip Ivan, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk, dalam seminar Revolutionizing Business Insights with Event Automation yang digelar di Grand Hyatt Jakarta, Kamis (19/9/204).

Contoh lainnya, penyedia streaming musik digital yang dapat memberikan rekomendasi musik yang lebih personal dan relevan, dengan memantau aktivitas pengguna secara real-time seperti lagu yang didengarkan, di-skip, atau ditambahkan ke playlist. Juga, menyuguhkan iklan yang sesuai berdasarkan event dan preferensi pengguna gratis. Di sektor perbankan, dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan dan memantau transaksi secara real-time guna mencegah penipuan, dan memberikan notifikasi instan kepada pelanggan terkait aktivitas perbankan yang dilakukan.

“Jadi, harus dipahami bahwa yang dimaksud event di sini adalah tindakan, aktivitas, atau kejadian yang dapat dideteksi dan direkam dalam sebuah sistem. Ini bisa berupa tindakan pengguna, perubahan data, atau kejadian eksternal yang berdampak pada sistem tersebut. Kita harus bisa memanfaatkan data yang dihasilkan dari event ini untuk membuat sistem lebih cerdas, responsif, efisien, dan itu membutuhkan solusi yang tepat,” jelas Jip Ivan.

BACA JUGA:  Tiga Solusi Layanan Digital Perusahaan yang Andal dan Modern dari Multipolar Technology

Adakah Solusi yang Tepat?

Solusi tepat untuk menangani banyaknya event yang terus mengalir adalah IBM Event Automation. Elen, Department Head Middleware Cloud Platform Multipolar Technology, menjelaskan, IBM Event Automation merupakan solusi berbasis event-driven yang membantu perusahaan mendeteksi situasi secara real-time, mengambil tindakan, dan mengotomatisasi proses bisnis demi memaksimalkan pendapatan.

Solusi IBM Event Automation mengintegrasikan teknologi open-source seperti Apache Kafka dan Apache Flink untuk memproses dan menganalisis data secara real-time. Solusi ini memiliki beberapa fitur utama, antara lain membangun dan menguji alur pemrosesan stream secara instan dengan antarmuka low-code menggunakan Apache Flink.

Lalu, memungkinkan perusahaan mendeteksi skenario bisnis penting dan meresponsnya secara real-time; mengotomatisasi tindakan berdasarkan event yang terdeteksi untuk meningkatkan respons dan efisiensi operasional; mendukung berbagai sumber event dan dapat diintegrasikan dengan infrastruktur yang sudah ada tanpa terkunci pada vendor tertentu, dan memberikan akses mandiri yang aman kepada tim di seluruh perusahaan sambil mempertahankan kontrol dan tata kelola.

“Dengan IBM Event Automation, perusahaan dapat menyuguhkan layanan secara lebih cepat, lebih personal, dan lebih kompetitif, sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang bermuara pada kenaikan pendapatan,” ungkap Elen. Di dalam IBM Event Automation terdapat IBM Event Streams, solusi streaming data untuk mendukung aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data secara real-time.

IBM Event Streams dibangun di atas Apache Kafka yang dikelola sepenuhnya menggunakan teknologi container dan dapat diimplementasikan secara on-premise sebagai bagian dari IBM Event Automation. Elen menambahkan, IBM Event Streams memiliki beberapa keunggulan, di antaranya memiliki antarmuka yang sederhana untuk mengelola dan memantau kluster Kafka, fitur keamanan dan privasi data yang ketat, mendukung penskalaan otomatis, menawarkan arsitektur multi-zona dan fitur pemulihan bencana, serta mendukung berbagai aplikasi dan sumber data eksternal.

BACA JUGA:  VisionAnalytics Solusi Kampanye Pemasaran Perusahaan Tepat Sasaran dan Lampaui Target

Pemanfaatan IBM Event Streams dapat membantu perusahaan membangun aplikasi yang responsif dan adaptif, dengan memanfaatkan data secara real-time untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional. Lantas, demi mendukung tersedianya data yang akurat, dapat dilengkapi dengan solusi IBM InfoSphere Data Replication.

Fajar Try Putra, Solutions Specialist Multipolar Technology, mengatakan, IBM InfoSphere Data Replication dapat menjawab tantangan semakin sulitnya proses update dan replikasi data yang dipicu oleh pertumbuhan data yang kian masif. Solusi ini membantu penyediaan data event lebih cepat karena cukup hanya mengirimkan data yang di-mapping, difilter, atau yang dibutuhkan saja. Solusi ini berfungsi untuk menyediakan data atas event yang ada secara akurat dan cepat, mengintegrasikan data dari semua platform dan basis data, yang pengimplementasiannya tidak perlu menghentikan proses bisnis.

“Kombinasi solusi IBM Event Streams dan IBM InfoSphere Data Replication tentunya amat mendukung perusahaan agar makin kompetitif dan relevan di pasar. Untuk mengimplementasikan solusi-solusi itu, serahkan saja ke tim ahli Multipolar Technology,” pungkas Jip Ivan.

Baca juga: Era Konvergensi Jaringan, Inilah 3 Solusi Tangguh Penangkal Kejahatan Siber

Tags: Customer SatisfactionIBM Event AutomationMultipolarMultipolar Technology
Previous Post

Mendag Minta e-Commerce Terus Libatkan Pelaku UMKM

Next Post

Sidak Pelayanan Publik, PJ Walikota Tangerang Minta TLR Kembali Dioptimalkan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gelar ZTE Day Indonesia 2025, ZTE Tegaskan Dedikasi Berkelanjutannya dalam Mendukung Transformasi Digital Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Halodoc Berikan Layanan Konsultasi Gratis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Arya Damar, Dirut Lintasarta Yang Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

Nutanix Tunjuk Jay Tuseth Jadi Vice President & General Manager APJ

Nutanix Tunjuk Jay Tuseth Jadi Vice President & General Manager APJ

Fauzi
19 March 2025 | 16:00

Perusahaan komputasi hybrid multicloud, Nutanix, memberikan pengumuman terkait ditunjuknya Jay Tuseth sebagai Vice President dan General Manager Asia Pasifik dan...

EXPERT

Cloudera Rilis Operational Database Cloud-Native untuk Akselerasi Pengembangan Aplikasi

Jaringan yang Sempurna Tidak Dibangun dalam Semalam – Harus Dimulai Hari Ini

Fauzi
20 May 2025 | 13:20

Oleh: Anthony Behan, Global Managing Director, Communications, Media & Entertainment, Cloudera Internet sudah menjadi elemen yang sangat penting dalam kehidupan...

Pemilu dan Pandemi Bikin Ransomware Jadi Ancaman Serius

Risiko Keamanan Siber Terkait Situasi Perang Tarif AS

Ahmad Churi
21 April 2025 | 10:58

Oleh Roman Dedenok, Pakar Keamanan Kaspersky Threat Research Selama periode ketidakpastian ekonomi, baik yang disebabkan oleh tarif, peristiwa geopolitik, atau...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto