PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda) tengah bertransformasi menjadi bank berbasis digital. Beragam aplikasi digital telah dibangun selama dua tahun terakhir. Bahkan, anggaran IT naik secara signifikan. Atas upayanya itu, Bank Tulungagung terpilih menjadi Finalis TOP Digital Awards 2024.
“Kenapa anggaran IT kita naikkan signifikan di tahun 2024? Karena akhir tahun, kita akan berpindah menjadi core banking sehingga ada biaya operasional yang naik,” kata Suhermin selaku Direktur Utama PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda) saat mengikuti Wawancara Penjurian TOP Digital Awards 2024 secara daring, Kamis (10/10/2024).
Oleh karena itu, lanjut Suhermin, BPR Bank Tulungagung terus melakukan upaya perbaikan sistem digital. “Salah satunya yakni melalui cyber security. Keamanan TI pada lembaga keuangan sangat penting dalam melindungi informasi sensitif, transaksi keuangan, dan sistem,” tegasnya.
Pihaknya juga menerapkan kebijakan keamanan yang ketat, termasuk penggunaan kata sandi yang kuat, serta rencana pemulihan bencana dan perencanaan kontinuitas bisnis juga disiapkan. “Adapun beberapa hal tentang keamanan TI yang sudah kami terapkan, yaitu Kebijakan Keamanan Server, Pengelolaan Akses Pengguna pada semua aplikasi, Pembaruan Perangkat Lunak, Pemulihan Bencana dan Perencanaan Kontinuitas Bisnis dan Audit TI dan Pen test TI,” beber Suhermin kepada dewan juri.
Untuk mendukung pengembangan digital tersebut, BPR Bank Tulungagung memiliki talent IT yang mumpuni untuk mengawal operasional dan pengembangan aplikasi. “Sekarang TI-nya ada tiga, khususnya yang dibawah oleh Kabag Operasional. Dari tiga itu, yang dua khusus untuk penunjang operasional atau develop untuk kebutuhan percepatan layanan. Yang satu lagi, khusus untuk media sosial. Jadi untuk konten-konten itu ada IT tersendiri,” jelas Suhermin.
“Saat kami berpindah core banking, itu semua dikerjakan, pengecekan, pengontrolan itu ada timnya tersendiri. Di bentuk tim IT yang support,” imbuhnya.
Ragam Solusi Bisnis
Untuk menunjang kinerja bisnis, BPR Bank Tulungagung memiliki banyak aplikasi yang dibangun secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain.
Tulungagung Pay mulai diimplementasi pada tahun 2022 dengan pengembang dari pihak eksternal. Tulungagung Pay adalah aplikasi pembayaran dan pembelian berbagai layanan Biller secara elektronik dengan menggunakan Uang Elektronik SpeedCash. “Fitur Unggulan aplikasi ini dapat memudahkan para konsumen untuk melakukan aktifitas keuangan seperti Pembayaran Tagihan, Transfer Antar Bank, Tarik Tunai, Pembelian tiket, pembayaran lainnya dan QRIS,” tutur Suhermin.
Tulungagung Apps merupakan aplikasi mobile banking yang dapat diunduh melalui Playstore dimana nasabah dapat melakukan transaksi rekening tabungan BPR Bank Tulungagung dari Handphone. Aplikasi tersebut dilengkapi fitur unggulan seperti pengecekan saldo dan mutasi rekening, Top Up saldo ke akun Tulungagung Pay.
Absensi Karyawan diimplementasi Tahun 2022. Aplikasi tersebut dibangun secara mandiri oleh BPR Tulungagung. Aplikasi tersebut merupakan absensi karyawan digunakan untuk karyawan BPR Bank Tulungagung guna fleksibilitas karyawan yang di lapangan dalam bekerja. “Melalui aplikasi tersebut, karyawan bisa scara langsung memeberikan absensi dan laporannya secara real time dari HP kapan saja dan dimana saja karena aplikasi tersebut telah dilengkapi fitur unggulan seperti Potret dan Geolokasi,” jelas Suhermin.
Report Harian Marketing merupakan aplikasi laporan harian digunakan untuk bagian marketing guna fleksibilitas karyawan yang di lapangan dalam bekerja. Aplikasi tersebut juga sudah dilengkapi fitur unggulan seperti Potret dan Geolokasi, sehingga pelaporan bisa langsung dilakukan melalaui smartphone kapan saja dan dimana saja.
Sistem Informasi Pengambilan Agunan (SIPA) merupakan aplikasi pengambilan jaminan digunakan untuk dibagian administrasi kredit BPR Bank Tulungagung guna percepatan pelayanan secara digitalisasi. “Aplikasi tersebut memiliki fitur unggulan seperti potret dan tandatangan digital sehingga mempercepat pelayanan ke nasabah terkait pengambilan jaminan dan mempermudah pengawasan,” pungkas Suhemin.
TOP Digital Awards adalah kegiatan Pembelajaran Bersama sekaligus Pemberian Penghargaan tahunan terbesar tingkat nasional yang diberikan kepada Perusahaan/Instansi yang dinilai berhasil dalam pemanfaatan Teknologi-Informatika, Telekomunikasi, dan Solusi Digital untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanan kepada pelanggan atau masyarakat.
Ajang ini diselenggarakan Majalah ItWorks sejak tahun 2016, didukung dan bekerja sama dengan sejumlah asosiasi, lembaga konsultan, serta pakar, di bidang TI-Telekomunikasi-Solusi Digital terkemuka di Tanah Air. Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2024 adalah “Business Solutions, Generative AI, and Cyber Security for Excellence Business and Services”. Bertindak selaku Dewan Juri TOP Digital Awards 2024, yaitu Melani K. Harriman, Subandi, Dwinda Ruslan, Benyamin De Haan, Ashari, Nurul Y. Setyabudi, dan Febrizal.
Editor: Teguh IS.