Home Indeks Fintech 5 Tahun, Android Diadopsi 1 Miliar Pengguna

5 Tahun, Android Diadopsi 1 Miliar Pengguna

android-131106cSebagai sistem operasi bersifat open source, adopsi Android oleh sejumlah perusahaan kenamaan menjadi salah satu pemicu ketenarannya dibandingkan sistem operasi lainnya. Dapat dikatakan, Android merupakan satu-satunya sistem operasi mobile yang mengalami pertumbuhan tercepat dalam sejarah teknologi.

Sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Asymco dan Horace Dediu menunjukkan bahwa Android merupakan sistem operasi yang pertumbuhannya tercepat sepanjang sejarah. Tidak mengherankan jika saat ini Android mendominasi pasar ponsel tablet tablet pintar di seluruh dunia.

Dilansir laman Technology Review, Kamis (7/11/2013), Android hanya butuh waktu selama 20 kuartal atau sekitar 5 tahun untuk mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Sedangkan sistem operasi populer lainnya untuk saat ini yakni iOS telah mencapai 700 juta pengguna dalam kurun waktu 23 kuartal. Sistem operasi lawas milik Nokia yakni Symbian memerlukan waktu selama 44 kuartal untuk mencapai 450 juta pengguna.

Selain Nokia, adopsi sistem operasi yang relatif lamban juga menghampiri BlackBerry dan Windows Mobile. BlackBerry memerlukan waktu selama 43 kuartal untuk mencapai angka pertumbuhan hingga 225 juta pengguna.

Microsoft nampaknya juga memerlukan usaha lebih, mengingat selama kurun waktu 29 kuartal pertumbuhannya cenderung lamban yakni hanya mencapai 72 juta pengguna. Sedangkan penjualan Android dan iOS dilaporkan kian mengalami pertumbuhan yang signifikan yakni hampir mencapai 225 juta di seluruh dunia.  (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here