Ada Patroli Siber di Whatsapp Grup

Ponsel Huawei baru tidak akan diinstal sebelumnya dengan Instagram, Facebook atau WhatsApp karena larangan AS yang  terus menghalangi pembuat smartphone terkemuka itu.

Berbicara kepada Reuters, Facebook mengatakan bahwa pelanggan yang sudah memiliki ponsel Huawei masih akan dapat menggunakan aplikasi dan menerima pembaruan. Namun, tidak ada aplikasi yang akan diinstal sebelumnya.

Vendor ponsel cerdas sering kali memasukkan penawaran bisnis untuk melakukan pra-instal aplikasi populer seperti Facebook. Hal ini menambah kenyamanan bagi konsumen yang seharusnya harus mengunduh aplikasi secara aktif dari Google Play Store atau sumber lain.

Reuters melaporkan bahwa tidak jelas apakah aplikasi populer lainnya – seperti Twitter – juga akan menghentikan Huawei dari pra-instal aplikasi mereka di ponselnya.

Kehilangan pijakan

Sudah kurang dari tiga minggu sejak Presiden Donald Trump membatasi akses raksasa teknologi Cina itu ke sistem operasi Google Android, dan sudah terjadi bahwa bisnis ponsel pintar Huawei tampaknya kehilangan tempat di Eropa yang merupakan pasar pertumbuhannya yang penting.

Baca: Google membatasi penggunaan Android oleh Huawei

Ketakutan konsumen bahwa ponsel Huawei akan cepat ketinggalan zaman berarti permintaan untuk perangkatnya telah “turun sangat drastis,” kata Ben Stanton, analis yang berbasis di Canalys, Inggris, melalui telepon, mengutip diskusi dengan para operator telepon, pengecer dan distributor.

“Itu berakar pada ketakutan bahwa perangkat ini mungkin kehilangan fitur, tidak aman, kehilangan dukungan, atau bahkan kehilangan nilai nyata.”

Di Prancis, penjualan ponsel pintar Huawei premium turun sekitar seperlima dalam seminggu setelah AS memasukkan perusahaanitu  ke daftar hitam, menurut seorang perwakilan industri telekomunikasi yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena angka-angka tersebut bersifat rahasia.

Semakin banyak konsumen Inggris yang menjual ponsel Huawei-nya, dan operator telepon Inggris yang memulai layanan seluler generasi berikutnya telah membatalkan peluncuran handset unggulan Huawei Mate 20 X 5G.

Baca: businesstech.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here