Layanan Data XL Naik 57 Persen Saat Libur Lebaran

Operator seluler XL Axiata mencatatkan kenaikan layanan data sepanjang libur lebaran 2019. Terhitung sejak H-1 hingga H+1 lebaran, layanan data tercatat naik 24 persen dibanding hari biasa.

Sedangkan dibanding periode yang sama tahun lalu, kenaikannya mencapai 57 persen. Selain layanan data, layanan SMS juga mengalami kenaikan tipis yakni 3 persen dibanding hari biasa. Penurunan dialami layanan suara meski tak disebutkan berapa persen penurunannya.

Wilayah Lampung dan Jawa Barat menyumbang trafik data tertinggi selama periode ini dengan peningkatan 38 persen dan 43 persen secara berturut-turut.  Konsumsi data untuk akses aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line meningkat 48 persen saat liburan.

Untuk media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram meningkat 17 persen. Instagram menjadi media sosial paling populer yang menyumbang kenaikan hingga 35 persen.

Kenaikan akses peta digital juga melesat. XL mencatat peningkatan akses aplikasi Waze naik 93 persen dibanding hari biasa. Layanan streaming video juga mengalami peningkatan sebesar 22 persen, sementara akses game naik 15 persen.

Untuk layanan hiburan, akses ke Spotify naik 8 persen sementara Netflix mengalami kenaikan 77 persen.

Baca: Mayoritas Pendapatan XL Axiata Disumbang Layanan Data

Pergeseran terjadi untuk aplikasi belanja online. Pada libur lebaran tahun lalu, Lazada menjadi paltform belanja paling banyak diakses, tapi tahun ini posisinya digantikan oleh Shopee yang disusul e-commerce lokal Bukalapak dan Tokopedia.

Lokasi Dengan Akses Data Tertinggi

XL Axiata turut mengungkap area-area pusat perbelanjaan mengalami peningkatan akses data hingga 6 persen dibanding hari biasa. Sementara di lokasi wisata naik 9 persen. Akses data di bandara juga mengalami peningkatan sebesar 5 persen, sedangkan stasiun kereta mengalami kenaikan rata-rata 12 persen.

Selama arus mudik 2019, sepanjang jalan tol Trans Jawa mengalami kenaikan akses data 6 persen dibandingkan hari normal di luar masa mudik. Adanya tol Trans Jawa dan Trans Sumatra diklaim turut mendorong mobilisasi trafik data antar daerah.

XL Axiata mencatat wilayah Jabodetabek mengalami penurunan 8 persen di saat trafik data di Jawa Tengah dan Yogyakarta naik antara 10-25 persen. Di Jawa Barat juga mengalami kenaikan 11-43 persen, Lampung 38 persen, dan Sumatera Selatan 15 persen.

Beberapa Kabupaten dan kota juga menyumbang angka cukup tinggi. Kota Jepara misalnya, menjadi kota dengan trafik data tertinggi XL dengan kenaikan 137 persen dibanding hari normal. Kota Kuningan juga mengalami kenaikan 102 persen, dan Kabupaten Pemalang 83 persen.

Baca: Tahun Ini, XL Axiata Fokus Perkuat Jaringan 4G di Sumatera

Tidak cuma di Pulau Jawa, beberapa kota dan kabupaten di Kalimantan juga merangkak naik.

Kabupaten Kutai Kartanegara misalnya naik 79 persen, Kota Tanah Laut naik 51 persen, dan Kota Balikpapan 40 persen.

Di Sulawesi, Kota Pinrang yang mengalami kenaikan trafik data XL Axiata sebesar 51 persen, diikuti Kota Manado sebesar 16 persen.

Menghadapi lonjakan layanan data ini ada sejumlah langkah antisipasi oleh XL Axiata.

Pertama, meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik. Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur/hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

Kedua, dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia).  Sebanyak 50 MBTS dan 10.000 BTS baru juga disiapkan di jalur mudik dan tempat wisata serta melakukan rebalancing untuk optimasi jaringan di titik kumpul pemudik seperti area kedatangan dan keberangkatan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here