Program Google for Media Percepat Transformasi Digital di Indonesia

Penulis Teguh Suyudi

Kementerian Kominfo menyambut baik inisiatif program Google for Media yang dinilai telah melakukan terobosan yang dapat mempercepat proses transformasi digital di Indonesia.

“Peluncuran Google for Media hari ini merupakan contoh sinergi yang baik di mana sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi virtual, 28/7.

“Saya meyakini bahwa kolaborasi antara lembaga-lembaga negara, dunia usaha, para wartawan dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dari akselerasi transformasi digital di Indonesia,” dia menambahkan.

Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana, menjelaskan bahwa Google mendukung industri media dalam tiga cara.

Pertama, Google berusaha untuk mengembangkan model bisnis untuk mendorong pertumbuhan yang berlanjut. “Ini termasuk membantu penerbit berita mengoptimalkan pendapatan iklan dan memanfaatkan inside pembaca,” ujar Jason.

Selanjutnya, Google membantu mengangkat dan memperkuat jurnalisme yang berkualitas. Di Indonesia, Google telah menghadirkan cekfakta.com, dan bekerjasama dengan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia).

“Ini berarti menampilkan berita di produk-produk kami, mendukung ekosistem berita yang sehat dengan inisiatif pengecekan fakta, dan membantu pembaca memahami berita melalui program-program literasi media,” kata Jason.

Terakhir, Google juga memampukan lembaga-lembaga berita melalui inovasi teknologi yang dikembangkan.

“Kami juga bekerjasama dengan para penerbit berita yang membawa inovasi tersebut ke ruang redaksi mereka,” Jason menambahkan.

BACA JUGA

Leave a Comment