Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Petrokimia Gresik Goes Digital

Penulis redaksi

Reporter: Busthomi Asyari

Editor: Teguh Imam S.

PT Petrokimia Gresik punya peran strategis terkait ketahanan pangan nasional. Wajar, karena perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini merupakan produsen pupuk dan kimia paling lengkap di Indonesia. Pupuk sangat penting, karena Indonesia sebagai negara agraris dengan mayoritas penduduk bekerja di pertanian.

Dalam beberapa tahun terakhir Petrokimia Gresik bertransformasi menuju perusahaan Solusi Agroindustri untuk mendukung tercapainya program Ketahanan Pangan Nasional dan kemajuan dunia pertanian di Tanah Air.

Dalam hal transformasi, Petrokimia Gresik, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), telah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informatika (TI) yaitu transformasi digital menuju Petrokimia Gresik Goes Digital.

Langkah perseroan itu tertuang dalam IT Master Plan Petrokimia Gresik yang mengoptimalkan ERP (Enterprise Resource Planning) System. Penggunaan ERP ini sejalan dengan kebijakan Pupuk Indonesia Group.

ERP ini mengintegrasikan sejumlah sistem yaitu: pengembangan dan pengoptimalan sistem Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan sistem distribusi dan pergudangan, pengembangan dan pengoptimalan sistem penjualan dan pemasaran, pengembangan dan pengoptimalan sistem keuangan, pengoptimalan sistem pengadaan, serta pengembangan dan pengoptimalan sistem produksi dan pemeliharaan.

“Master Plan IT kami, sejalan dengan induk usaha yaitu Pupuk Indonesia Group. IT kami  meng-induk atau sentralisasi ke sana. IT dimanfaatkan untuk mewujudkan visi kami jadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya paling diminati konsumen,” kata Muhlis Marzuki,  Kepala TI, PT Petrokimia Gresik, dalam penjurian TOP DIGITAL Awards 2020 secara online, Rabu (18/11/2020).

“Untuk mewujudkan itu, Corporate IT perusahaan yang dikembangkan meliputi sistem Single Sign-On (SSO), sistem pelaporan kompilasi, pengoptimalan maturity dan tata kelola IT, sistem Dashboard, sistem pengelolaan proyek investasi, sistem e-GRC (governance, risk compliance), sistem knowledge management, sistem document management, sistem portal internet, dan lainnya,” tambahnya.

“Dengan perkembangan IT itu, kami ingin jadi Petrokimia Gresik Goes Digital,” ujar Muhlis kepada dewan juri.

PT Petrokimia Gresik, dalam penjurian TOP DIGITAL Awards 2020 secara online, Rabu (18/11/2020) (Dokumentasi: IT Works).

Solusi Digital

Terkait Petrokimia Gresik Goes Digital, Muhlis memaparkan sejumlah solusi yang telah digunakan di internal dan eksternal perseroan.

Digital Office, aplikasi yang dikembangkan tahun 2019 untuk penciptaan, pendistribusian, dan pemberkasan surat (Surat Edaran SE), surat Keputusan Direksi (SK), Surat Institusi Direksi (ID), SUrat Tugas (ST), Memorandum (ME), Surat Keluar (DR), Berita Faksimile (Fax), Surat Perjanjian (SP), Adendum Surat Perjanjian (ADP), SUrat Kuasa (KS), Surat Keterangan (KR), Sertifikat (SF), Pengumuman (PM), Berita acara (BA), dan Legal Statement (LS), secara online di lingkungan Petrokimia Gresik.”

“Aplikasi punya fitur: penciptaan surat, review surat, approval surat, penomoran surat, notifikasi, distribusi surat, distribusi surat, pemberkasan online, dan rekapitulasi surat. Manfaatnya, paperless, penomoran, pendistribusian, pengarsipan secara online. Kapan saja dan di mana saja bisa digunakan – user friendly.”

“Per Desember 2019, Digital Office dilakukan improvement dengan penambahan fitur baru: PGS (pengganti sementara), legal statement, intercompany dan penyesuaian penomoran. Dengan aplikasi ini, kami bisa melakukan penghematan untuk biaya percetakan – paperless,” ungkapnya.

SISTRO (Sistem Scheduling Truck Inline), dikembangkan tahun 2019, berbasis web untuk mengoptimalkan dan mengatur jadwal muat truk, sehingga memperlancar aliran barang masuk-keluar di Gudang Gresik. Saat ini, jumlah total transporter/partner yang terdaftar 89, truk yang terdaftar 15.127 truk.”

“Juga sudah dilakukan modifikasi, yaitu pembagian kuota pemuatan harian menjadi tiga bagian, serta mengakomodir penjadwalan pupuk inbrang ke luar Jawa, moda container ke luar Jawa, dan penjadwalan muat produk non pupuk.”

“Keunggulannya: ticketing untuk pengambilan barang di tujuh gudang lini pemasaran Petrokimia Gresik, dan tag security check point. Dampaknya, mengurangi kemacetan di Jalan Tridharma yang berarti mengurangi polusi, memperlancar aliran barang keluar masuk Gudang Gresik.”

NISA (Monitoring Pasar), dikembangkan tahun 2019, digunakan untuk monitoring pasar dan penjualan produk Petrokimia Gresik yang ada di seluruh Indonesia. Keunggulannya, fitur keadaan cuaca, market intelligence, keluhan pelanggan, monitoring kios, monitoring distributor dan report.”

“Manfaatnya, Departemen PRW I/II dapat menyusun strategi penjualan yang tepat dan sesuai kondisi pasar sehingga target penjualan produk non subsidi dapat tercapai sesuai RKAP. Juga meningkatkan ketertiban administrasi penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat distributor dan kios, dan bisa untuk audit administrasi saat pemeriksaan audit oleh BPK. Sehingga proses auditnya jadi lebih mudah karena distributor dan kios sudah tertib dalam administrasi penyaluran pupuk bersubsidi.”

Digital Fertilizer, aplikasi web dan mobile untuk menampilkan dashboard produksi pabrik 1A dan 1B, juga untuk melihat target KPI. Fiturnya: Dashboard, maintenance report, operation, performance & reability, inspection, dan digital library.”

Digital Office PI Group dan PG Group, aplikasi digital office PG yang diterapkan di Pupuk Indonesia beserta anak perusahaan dan anak perusahaan PG sendiri. Keunggulannya paperless dan sebagainya.”

“Manfaatnya kami bisa hemat sekitar Rp525 juta untuk biaya percetakan dokumen selama 6 bulan, dan  menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, green company, dengan menyelamatkan sekitar 63 pohon,” klaim Muhlis.

PetroXfert, aplikasi pertanian yang dibuat Petrokimia Gresik untuk lebih mengenalkan produk-produk dan ilmu pertanian ke masyarakat dan karyawan Petrokimia Gresik. Dengan menu: pengenalan produk pupuk, produk non pupuk, produk inovasi, pestisida, budidaya tanaman, Agri-Calc, Camera BWD, Video Pertanian, dan menampilkan keadaan cuaca di suatu daerah.”

“Fiturnya: menu ‘Agri-Calc’ digunakan untuk kalkulator perhitungan dosis pupuk dengan memasukan jenis tanaman dan luas tanahnya. Menu Budidaya dimana user bisa melihat cara budidaya tanaman dari pengolahan tanah hingga panen. Dan, Camera BWD, user bisa melihat analisa kebutuhan pupuk urea dan ZA pada tanaman padi dan jagung dengan cara memfoto daun tanaman tersebut.”

Era New Normal

Muhlis menjelaskan Petrokimia Gresik punya aplikasi yang dimanfaatkan untuk operasional perusahaan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal).

Petrostar, aplikasi kepegawaian untuk pengajuan surat keterangan kepersonaliaan, data kepegawaian, dan percetakan voucher tunjangan beras karyawan. Fiturnya: presensi online berbasis lokasi untuk mengggantikan absensi fingerprint. Untuk meningkatkan kewaspadaan karyawan, aplikasi ini dilengkapi fitur RADAR COVID untuk menampilkan peta persebaran Covid-19.”

Cisco Meeting Server, aplikasi video conference berbasis Cisco yang didesain untuk memudahkan stakeholder Petrokimia Gresik menggelar pertemuan, diskusi, rapat, maupun forum lain. Keunggulannya: dapat diakses di mana pun menggunakan perangkat smartphone, laptop, computer, maupun tablet dengan syarat di perangkat itu terpasang camera, mike, dan speaker atau headset.”

Petrokimia Gresik, Industri 4.0 dan Society 5.0

Menurut Marzuki, Petrokimia Gresik juga mengikuti perkembangan Industri 4.0 dan Society 5.0.

“Dalam mengembangkan aplikasi perseroan, kami menggunakan metodologi secara Agile.

“Juga mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis mobile untuk menunjang kecepatan akses informasi dengan infrastruktur yang mengadopsi teknologi WiFi 6/MUMIMO/802.11ax untuk menunjang konektivitas dan mobilitas.”

“Big Data/IoT, kami memanfaatkan teknologi OT seperti integrasi DCS dan penggunaan beacon.”

“Untuk Cloud App, kami telah memanfaatkan Google Cloud Platform untuk menjalankan sistem informasi perusahaan,” tutupnya.

Baca: TOP DIGITAL Awards 2019: PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) Sukses Memanfaatkan TIK Untuk Mendukung Kinerja dan Distribusi Pupuk

BACA JUGA

Leave a Comment