Meningkat 25% di Q4 2020, Ini Dia Top 5 Vendor di Pasar PC Global

Penulis Fauzi

Pasar PC global mengalami pertumbuhan tertinggi pada Q4 2020 lalu. Berdasarkan laporan terbaru yang dikeluarkan Canalys, angka pertumbuhan pasar PC pada Q4 2020 mencapai 25%.

Canalys mencatat bahwa pertumbuhan pasar PC di seluruh dunia meningkat pesat pada kuartal akhir tahun 2020, seiring dengan pengiriman desktop, notebook, dan workstation yang meningkat 25% dari tahun lalu dengan mencapai rekor 90,3 juta unit. Angka-angka terbaru ini tidak termasuk tablet.

Angka permintaan PC yang kuat pada musim liburan berpengaruh pada pertumbuhan sequensial pada Q3 dengan pengiriman meningkat 13% di Q4. Adapun secara keseluruhan, setelah masa pemulihan yang luar biasa lantaran pada Q1 sempat mengalami terbatasnya pasokan, total pengiriman PC pada tahun 2020 tumbuh 11% menjadi 297,0 juta unit.

Beralih ke vendor, dalam laporan Canalys, Lenovo berhasil memempati posisi teratas di pasar PC pada Q4 dengan rekor pengiriman 23,1 juta unit dengan pertumbuhan tahun 29%. Artinya, Lenovo juga berhasil menempati posisi pertama untuk tahun 2020 dengan total pengiriman 72,6 juta unit dan meraih pangsa pasar 24,5%.

Posisi kedua, diduduki oleh HP dengan angka pengiriman 19,1 juta unit pada Q4 2020, dan secara total pada tahun 2020 perusahaan ini berhasil mengapalkan 67,6 juta unit, naik 7% dibanding tahun 2019. Selanjutnya, ada Dell di posisi ketiga, yang dilaporkan berhasil mengalami peningkatan 27% pada Q4 dan menembus angka pengapalan 15 juta unit untuk pertama kali dalam sejarah perusahaan. Secara total, pada tahun 2020, Dell mengapalkan 50,3 juta unit.

Untuk posisi empat dan lima, masing-masing ditempati oleh Apple dan Acer dengan pengapalan 22,6 juta unit dan 20,0 juta unit. Secara total, lima vendor PC teratas memiliki kontribusi 78,5% dari total pengiriman PC pada tahun 2020.

Rushabh Doshi, Direktur Riset Canalys, mengatakan industri layak mendapatkan semua kesuksesan yang telah dicapai. “Kami akan berada pada posisi yang sangat berbeda jika bukan karena komitmen industri PC, termasuk vendor, rantai pemasok, dan saluran distribusi, untuk memastikan bahwa setiap permintaan pasa terpenuhi. Transformasi digital yang dijalankan di dunia selama setahun terakhir tidak tertandingi, dan PC meruakan jantung dari perubahan ini. Sat dunia bersiap untuk mendapatkan vaksinasi dan mengatasi virus Covid-19, penting untuk diingat bhaw PC telah memainkan peran penting di setiap tahap perjuangan ini, mulai dari memahami virus dan mensintesi vaksin, hingga pemantauan sosial dan peluncuran vaksin. Akan sangat sulit untuk menghapus PC seperti yang kita lakukan beberapa tahun lalu. PC akan tetap ada di sini,” lanjut Rushabh. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment