Untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Aliansi Telemedik Indonesia (ATENSI). Bentuk kerja samanya, 11 platform ikut serta memberi konsultasi gratis untuk pasien Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.
Kesebelas platform tersebut adalah Halodoc, Alodokter, YesDok, KlikDokter, SehatQ, GoodDoctor, Klinikgo, LinkMedisSehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, dengan layanan telemedicine ini semua pasien Covid-19 konfirmasi positif mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antre di Rumah Sakit.
“Dengan demikian layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat/kritis,” jelas Menkes dalam keterangan resmi, 10/7/2021
Langkah mendapat layanan telemedisin untuk pasien isolasi mandiri:
Pertama, pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus Covid-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI secara otomatis.
Kedua, untuk sementara program ini hanya berlaku untuk area DKI Jakarta.
Ketiga, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedisin tersebut, secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukkan kode voucher di aplikasi yang dipilih.
Keempat, lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.
Kelima, setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.
Keenam, untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma.
Ketujuh, pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atu screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.
Kedelapan, obat dan atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan.
Kesembilan, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman dari Sicepat Ekspres untuk mengambil obat dan atau vitamin dari apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.
Baca: Ini Saran Kemenkes jika Belum Bisa Unduh Sertifikat Vaksinasi COVID-19
Layanan telemedisin untuk pasien isolasi mandiri, terdapat daftar obat dan vitamin yang ditanggung Kementerian Kesehatan yakni:
Paket A untuk orang tanpa gejala (OTG) terdapat multivitamin C, D, E, dan ZINC.
Paket B (RINGAN) terdapat multivitamin C, D, E, dan ZINC, azitromisin 500 miligram (mg), oseltamivir 75 miligram (mg) dan parasetamol tab 500 miligram (mg).
Paket obat tersebut disiapkan oleh Kimia Farma dan penggunaan obat wajib menggunakan resep dokter serta dikirim oleh Sicepat Ekspres.
Daftar Apotek Kimia Farma yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk layanan telemedisin pasien isolasi mandiri:
Jakarta Timur dengan nomor WhatsApp customer service apotek wa.me/08112223049,
Jakarta Utara dengan nomor WhatsApp customer service apotek wa.me/08112221832.
Jakarta Pusat dengan nomor WhatsApp customer service apotek wa.me/087877241590
Jakarta Selatan dengan nomor WhatsApp customer service apotek wa.me/0895324874355
Jakarta Barat dengan nomor WhatsApp customer service apotek wa.me/087877241405.
Baca: Bantu Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri, Kemenkes Gandeng 11 Platform