Dalam IDGX tahun 2021 terdapat tiga kegiatan utama yang diusung Kominfo, yaitu IGD Academy, IGDX Business dan IGDX Conference. IGDX Academy berisi pelatihan dari mentor yang sudah berpengalaman di industri game, baik lokal maupun asing. Pendaftaran program ini dibuka sampai 2 Agustus melalui situs www.igdx.id.
“Kita melakukan pelatihan, dan calon peserta juga akan kita ajari bagaimana mengetahui market research-nya, bagaimana mereka bisa membuat market yang luas. Game juga saat ini ada bermacam-macam bentuknya, ada yang hiburan, edukasi, dan sekarang sudah ada digunakan untuk membangun karakter,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan dalam konferensi pers virtual dari Jakarta, 28/07/2021.
Sementara dalam IGDX Business, pengembang bisa bertemu dengan penerbit (publisher) gim, studio game, pemerintah, pengembang asing sampai investor. Acara ini akan digelar secara online selama dua hari.
Terakhir, IGDX Conference berupa seminar dan lokakarya yang dilakukan secara online dan offline selama dua hari dengan pembicara berasal dari pemerintah, pelaku industri gim lokal dan internasional, investor, serta perwakilan sektor industri lainnya.
Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika, I Nyoman Adhiarna mengajak para pelaku industri game lokal untuk memanfaatkan dengan baik peluang dalam ajang IGDX. “Saya berharap IDGX dapat menjadi forum industri game terbesar di Asia Tenggara,” ungkapnya.
Presiden Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno menyampaikan industri gim Indonesia berterima kasih atas inisiasi Kementerian Kominfo. “Melalui Ditjen Aptika yang terus mendorong agar program IDGX dapat terlaksana sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Dengan adanya IGDX Academy, Cipto berharap terlaksana mentoring yang intensif bagi game developer di tinggkat mahir (advance) meupun level menengah (intermediate). “Agar bisa mengembangkan kemampuan mereka berkembang, terutama dalam pengembangan produk dan bisnis,” tuturnya.
Rangkaian IDGX 2021 terdiri atas lima tahapan. Pada tahap pertama yaitu sosialisasi yang telah dilangsungkan sejak 15 Juni lalu hingga tanggal 31 Juli mendatang. Selanjutnya, tahap kedua adalah registrasi online yang sudah dibuka dari 10 Juli dan akan ditutup pada 31 Juli 2021.
Di tahap ketiga, terdiri dari tiga kurasi, yaitu Kurasi I mulai 1 s.d. 3 Agustus 2021, Kurasi II digelar mulai 5 sampai 8 Agustus tahun ini, dan Kurasi III diselenggarakan di tanggal 10-11 Agustus bulan depan. Kemudian, di tahap empat akan dilaksanakan User Acquisition dari 16 hingga 28 Agustus 2021 dan akan dilaksanakan kembali pada 25 Oktober s.d. 7 November 2021. Di tahapan ini startup akan diajari mengenai mentoring yang akan dimulai dari 16 Agustus sampai 14 November 2021.
Lalu, pada tanggal 17 Agustus hingga 5 November akan dilangsungkan offline campaign dan online campaign telah dilaksanakan sejak 10 Juli sampai 30 November mendatang. Di tahap akhir, akan ada acara technical workshop, conference, dan business matchmaking 1 on 1 meeting yang direncanakan pada 20-21 November 2021.
Baca: Gandeng AGI, Kominfo Gelar Indonesia Game Developer Exchange 2021