Memasuki usianya yang ke-10 tahun, Duolingo, memberikan pengumuman terkait jumlah pengguna aplikasi bahasa tersebut. Duolingo yang memiliki 500 juta pengguna aktif secara global ini, mencatatkan peningkatan pengguna aktif bulanan sebesar 40% YoY pada Januari 2022 di Indonesia. Aplikasi yang menggunakan pendekatan unik dalam membantu pengguna mempelajari bahasa baru ini menawarkan 41 ragam bahasa untuk dipelajari, mulai dari Spanyol, Prancis, Jerman, dan Jepang hingga Navajo dan Yiddish. Bahkan ada bahasa buatan atau fiksi, seperti Klingon dan High Valyrian.
Lantas apa saja yang menjadi keunggulan Duolingo selama 10 tahun terakhir ini? Berikut merupakan beberapa hal penting yang perlu untuk diketahui:
Belajar sambil bermain
Sebagian besar orang masih mengira bahwa belajar bahasa hanya dapat dilakukan secara tradisional dan melelahkan seperti tatap muka berjam-jam dengan guru, atau menghafal tabel kata kerja. Pada tahun 2012, Luis von Ahn, yang pada saat itu merupakan seorang profesor dan pengusaha dengan latar belakang ilmu komputer, yakin bahwa ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa. Ia kemudian meluncurkan Duolingo, menjadikan belajar bahasa sebagai “game of tongue”.
Alih-alih menghafal dan berlatih berulang kali, dengan aplikasi baru ini, pengguna dapat belajar dengan memenangkan gems, mendapatkan poin, naik level dan belajar kosakata dari topik yang berbeda. Bahkan Duo, si maskot ikonik, menyemangati pengguna, dengan mengatakan seperti “Kamu hebat!”, atau “Kamu pasti bisa!”
Mendapatkan popularitas dari mulut ke mulut di seluruh dunia
Maskot ikonik Duolingo dikenal dengan notifikasinya yang aktif dan penuh semangat. Di manapun Anda berada dan apapun yang Anda lakukan, si imut Duo akan muncul dan mengingatkan Anda tentang pelajaran harian yang belum Anda selesaikan. Pengguna pun menyukainya! Pengguna Duolingo berbagi meme dan fanart di media sosial tentang bagaimana mereka diingatkan oleh Duo untuk terus belajar.
Duolingo memberikan pembelajaran gratis untuk semua kontennya
Salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat Duolingo adalah memberikan produk secara gratis, sehingga mendukung perusahaan untuk berkembang dengan pesat dan berhasil memiliki total 500 Juta pengguna pada tahun 2022. Duolingo menjaga semua kursusnya tetap gratis. CEO dan salah satu pendiri, Luis von Ahn, menggambarkan misi Duolingo untuk “mengembangkan pendidikan terbaik di dunia dan membuatnya tersedia secara universal”.
Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Duolingo meluncurkan “desain ulang terbesar yang pernah ada” untuk mendesain kurikulum pembelajarannya, yang bertujuan untuk membuatnya lebih mudah dan bahkan lebih bermanfaat. Perubahan ini terdiri dari desain antarmuka pengguna yang efisien, instruksi yang lebih jelas untuk memandu pengguna, beranda baru yang juga mendapatkan tampilan baru, serta penambahan fitur seperti Stories sehingga pengguna dapat membaca dan mendengarkan secara bersamaan.
Luis juga menggambarkan ambisi perusahaan untuk berkembang melampaui pembelajaran bahasa, dengan matematika sebagai pelajaran selanjutnya, dengan pendekatan gamifikasi yang sama.
Duolingo di Indonesia dan Asia Tenggara
“10 tahun adalah pencapaian besar bagi Duolingo. Sebagai salah satu pangsa pasar internasional utama kami, pengguna aktif bulanan di Indonesia meningkat sebesar 40% YoY pada Januari 2022 dengan rata-rata waktu tertinggi yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi, yaitu 19,5 menit sehari. Sekarang, Duolingo juga telah digunakan sebagai standar tes kecakapan bahasa Inggris untuk persyaratan pendidikan di Indonesia,” kata Haina Xiang, Marketing Director of APAC, Duolingo.
Menurut data Duolingo, alasan utama mengapa orang Indonesia suka belajar melalui aplikasi adalah karena menurut mereka Duolingo dapat menunjang kebutuhan sekolah, pekerjaan, atau untuk membantu menyegarkan ingatan mereka tentang kosakata bahasa lain. Mereka percaya bahwa aplikasi pembelajaran bahasa dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka. Belajar bahasa juga dapat membangun fondasi pengetahuan yang kuat yang dapat memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk masa depan.
Alya Chandra, seorang aktivis lingkungan yang telah belajar bahasa Spanyol di waktu luangnya sejak 2017 mengatakan Duo telah membantunya dalam banyak hal. “Saya bekerja di Organisasi Nirlaba yang memiliki kantor cabang di Amerika Latin. Jadi, saya yakin bahwa belajar bahasa Spanyol di Duolingo akan membantu pengembangan karir saya. Saya juga suka lagu-lagu Latin, saya rasa akan sangat seru jika saya tahu satu atau dua hal tentang bahasa Spanyol.”
Kehadiran Duolingo membantu pengguna untuk mendapatkan semua konten yang diperlukan dalam genggaman tangan. Transfer pengetahuan baru dalam bentuk gamifikasi pembelajaran multimedia interaktif ini juga memungkinkan untuk menjelaskan berbagai topik dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, dapat membawa aspek positif lain bagi pengembangan diri pengguna.
“Kami sangat berbahagia melihat banyak pengguna yang merasa terbantu dengan kehadiran Duolingo dan kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik hingga 10 tahun berikutnya untuk mendukung mereka dalam mencapai tujuan dari proses belajar mereka”, tutup Haina.