Terjadi kenaikan signifikan penetrasi digital-ready (DTT/digital) di enam kota yang terdampak analog switch off ASO. Demikian dikutip dari rilis Hasil Survei terbaru yang dirilis AC Nielsen, 31/12/2022.
Penetrasi digital di Greater Jakarta pada 1 Desember sebesar 70 persen, meningkat menjadi 77 persen pada 15 Desember dan 82 persen pada 1 Januari 2023.
Penetrasi digital di Bandung meningkat dari 53 persen pada 1 Desember menjadi 71 persen pada 15 Desember dan 82 persen pada 1 Januari 2023.
Berikutnya, penetrasi digital di Greater Yogyakarta naik dari 61 persen pada 1 Desember menjadi 67 persen pada 15 Desember dan 77 pada 1 Januari 2023.
Penetrasi digital di Semarang meningkat dari 61 persen pada 1 Desember menjadi 70 persen pada 15 Desember dan 87 persen pada 1 Januari 2023.
Peningkatan penetrasi digital juga dialami di Surakarta dari 62 persen pada 1 Desember menjadi 74 persen pada 15 Desember dan 87 persen pada 1 Januari 2023.
Sedangkan penetrasi digital di Greater Surabaya pada 1 Desember sebesar 36 persen, meningkat menjadi 37 persen pada 15 Desember dan 53 persen pada 1 Januari 2023.
AC Nielsen juga menyatakan dengan adanya peningkatan signifikan pada penetrasi digital di enam kota yang sudah terdampak ASO, komposisi pemirsa TV berdasarkan Socio Economic Class mulai seimbang mendekati kurva “normal” di mana pertumbuhan DTT/Digital berasal dari kelas menengah.
Baca: Resmi, Kementerian Kominfo Hentikan Siaran TV Analog di Wilayah Jabodetabek