Laporan bertajuk “Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial” mengungkap bahwa Instagram, YouTube, dan TikTok menjadi platform media sosial paling populer di kalangan Generasi Z sepanjang tahun 2023.
“Ada tiga platform media sosial yang populer dan sering diakses oleh Generasi Z, yakni Instagram (94 persen), YouTube (91 persen), dan TikTok (81 persen),” dikutip dari siaran pers Invinyx dan Jakpat, Rabu, 27/03/2023.
Menurut laporan itu juga, format konten yang paling diminati di media sosial terdiri atas vlog, podcast, dan story.
“Perempuan lebih menyukai konten vlog dan foto, sedangkan konten dengan format live streaming dan giveaway lebih populer di kalangan pria,” kata Pemimpin Riset Jakpat Farida Hasna Annuha.
Menurut hasil survei, konten hiburan paling banyak ditonton di media sosial dengan persentase responden sampai 88 persen. Kemudian, berturut-turut konten kuliner 84 persen dan fesyen 65 persen.
Sementara salah satu pendiri Invinyx Digital Agency Muhammad Ilmayanto Rustriananda berharap laporan tersebut dapat membantu para pelaku industri menerapkan strategi pemasaran digital secara tepat.