ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Gandeng Google Cloud, Smartfren Terapkan AI Dukung Kegiatan Operasional Perusahaan

Fauzi
18 November 2024 | 14:00
rubrik: Telco
Ada yang Baru, Paket Unlimited Smartfren Kini Lebih Komplet
Share on FacebookShare on Twitter

Bekerjasama dengan Google Cloud, Smartfren mengimplementasikan artificial intelligence (AI) sebagai teknologi pendukung kegiatan operasional perusahaan. Teknologi AI ini diterapkan secara menyeluruh (end-to-end) pada berbagai lini operasional, seperti jaringan, penawaran produk, serta peningkatan kualitas layanan pelanggan.

“Implementasi AI dalam berbagai aspek bisnis kami, dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat dan optimal. AI juga bermanfaat untuk membuka peluang bagi kami menciptakan berbagai layanan baru yang inovatif dan menjadi jawaban bagi kebutuhan pelanggan,” ujar Andrijanto Muljono, CEO Smartfren.

Devoteam G Cloud, mitra Google Cloud di Indonesia, akan mendukung Smartfren dalam implementasi sejumlah teknologi milik Google Cloud. Ada sejumlah teknologi Google yang nanti akan digunakan oleh Smartfren untuk mendukung operasionalnya.

Enterprise-grade platform Vertex AI
Kemampuan Enterprise-grade platform Vertex AI dan data analytics dari Google Cloudmembuat data dan sumber daya yang dimiliki oleh Smartfren dapat dengan cepat diolah untuk mendeteksi anomali, prediksi perilaku pelanggan, hingga penggerak otomasi tertentu dalam operasional perusahaan. Contohnya analisis mengenai produk yang paling diminati oleh pelanggan di wilayah tertentu sehingga penawaran yang diberikan semakin relevan dengan kebutuhan.

Customer Engagement Suite with Google AI
Customer Engagement Suite with Google AI juga akan berperan meningkatkan kualitas layanan pelanggan Smartfren. Melalui solusi tersebut, Smartfren dapat menyediakan contact center virtual berbasis AI chatbot dan AI voicebot yang dapat menjawab pertanyaan berbahasa Indonesia atau Inggris. Kemampuan solusi ini menangani percakapan volume besar dalam satu waktu, bermanfaat membuat operasional perusahaan semakin efisien dan optimal.

Google Cloud BigQuery
Smartfren juga akan menggabungkan mesin analitik data yang dibangun di Google Cloud BigQuery dengan teknologi jaringannya. Solusi ini membuat jaringan Smartfren memiliki kemampuan untuk secara otomatis mengelola kapasitas agar sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:  Aiskindo Wadahi Pelaku Industri Sistem Keamanan

Contohnya saat terjadi kepadatan akses di jaringan Smartfren di wilayah tertentu, maka sistem yang menganalisa situasi tersebut akan memberikan peringatan serta secara otomatis menyalakan server tambahan. Dengan demikian beban akses dapat terbagi rata dan pelanggan bisa menikmati akses internet yang nyaman di seluruh wilayah.

Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud, mengatakan “Smartfren dan Google telah mengidentifikasi dua area strategis di mana AI generatif dapat memberikan nilai bisnis signifikan dalam waktu yang relatif singkat.”

Pertama, agen AI yang grounding pada data pihak pertama Smartfren dapat memberikan bantuan tepat waktu kepada perwakilan layanan pelanggan, membantu mereka menyelesaikan masalah pelanggan dengan lebih cepat dan akurat, yang berujung pada kepuasan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi.

Kedua, dengan mengintegrasikan AI generatif ke dalam operasi jaringannya, Smartfren dapat mengakses data jaringan yang kompleks dan memungkinkan jaringan yang dapat mengoptimalkan diri sendiri. Ini penting untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan jaringan, yang pada akhirnya meningkatkan pengalaman pelanggan.

Untuk diketahui, sebelumnya Smartfren berkolaborasi dengan penyedia teknologi jaringan untuk menerapkan HI-RAN (Hybrid-Intelligent Radio Access Network) yang terintegrasi dengan AI pada level manajemen jaringan. Teknologi ini bermanfaat untuk memberikan penghematan energi hingga 5%, sambil tetap menjaga pelanggan tetap bisa menikmati kualitas layanan terbaik.

Tags: AIGenAIGoogle CloudSmartfren
Previous Post

TOP Digital Awards 2024: PLN Enjiniring Bangun Big Data Untuk Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

Next Post

Mengusung Aplikasi SEMPUR, Pengadilan Agama Bogor Kandidat Raih Penghargaan TOP Digital Awards 2024

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Garmin Luncurkan Duo Smartwatch dan HRM Terbaru, Intip Fitur dan Harganya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • realme C71 NFC Rilis di Indonesia, Smartphone dengan Baterai Terbesar di Bawah 2 Jutaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Lembaga Pemerintah akan Diukur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Fauzi
28 May 2025 | 11:15

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, mengumumkan penunjukan Defi Nofitra sebagai Country Manager pertamanya untuk Indonesia, dengan fokus strategis pada segmen perusahaan...

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

EXPERT

Menjembatani Teknologi Masa Kini dan AI di Masa Depan

Fauzi
16 June 2025 | 13:59

Oleh Matt Hicks, President and Chief Executive Officer, Red Hat Di kalender, ada 365 hari dalam satu tahun. Namun dalam...

Tiga Prioritas untuk Rumah Sakit Cerdas Masa Depan

Tren Kendaraan Terkini Buka Peluang Bagi Perombakan Software Machine Vision

Fauzi
5 June 2025 | 13:38

Oleh: Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies Pasar kendaraan listrik dan hybrid di Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa dalam...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto